Bimtek Pendidikan Keluarga Dalam Rangka Penurunan Angka Stunting

  • Admin Gerokgak
  • 18 Oktober 2019
  • Dibaca: 108 Pengunjung

Jumat, 18 oktober 2019, Staf Seksi Pemerintahan  Kecamatan Gerokgak (IDA AYU KOMAN ARI ANDRIANI, S.SOS) menghadiri Bimtek Pendidikan Keluarga Dalam Rangka Penurunan Angka Stunting di Gedung Wanita Laksmi Graha, Kabupaten Buleleng yang dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng.

Materi yang disampaikan dalam bimtek ini, Sinkronisasi PAUD dalam penurunan stunting dengan narasumber dari Direktorat Jendral PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Strategi Pendekatan TP. PKK dalam pencegahan stunting dengan narasumber Ibu Ketua TP. PKK Kabupaten Buleleng yang sekaligus sebagai Bunda PAUD Kabupaten Buleleng, Pengasuhan 1000 HPK dengan narasumber dari Sekretaris TP. PKK Kabupaten Buleleng, Implementasi Pendidikan Keluarga untuk Intervensi Penurunan Prevalansi Stunting di Desa dengan narasumber dari Tim Fasilitator Kabupaten Buleleng.

Stunting menggambarkan adanya masalah gizi kronis dipengaruhi dari kondisi ibu atau calon ibu, masa kandungan, masa balita termasuk penyakit yang diderita selama masa balita. Upaya pencegahan dan pengurangan gangguan stunting harus dilakukan secara intervensi gizi spesifik (pada umumnya dilakukan di sektor kesehatan) dan intervensi gizi sensitif (melibatkan berbagai sektor seperti ketahanan pangan, ketersediaan air bersih dan sanitasi, penanggulangan kemiskinan dan pendidikan orang tua.

Share Post :