Rakor Penanggulangan Bencana Kewilayahan Kecamatan Gerokgak

  • Admin Gerokgak
  • 02 Desember 2019
  • Dibaca: 51 Pengunjung

Senin, 2 Desember 2019, Camat Gerokgak (Made Juartawan S.STP.MM) didampingi Kasi Linmastrantib dan Pol PP (Ketut Mastra Atmaja,SPd) dengan menghadirikan Kepala BPBD Kabupaten Buleleng diwakili Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan (Drs.Putu Meles) selaku narasumber dalam rapat koordinasi penanggulangan bencana kewilayahan Kecamatan Gerokgak bertempat di Ruang Rapat Nithi Sabha Kantor Camat Gerokgak, senin (2/12).

Drs. Putu Meles selaku Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan memaparkan tentang penanggulangan bencana meliputi:

  • Pra Bencana:

Kegiatan-kegiatan pra-bencana ini dilakukan secara lintas sektor dan multi stakeholder, oleh karena itu fungsi BPBD yaitu Komando bertindak cepat, tepat, efektif dan efisien dan koordinasi pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terkoordinir serta terpadu.

  • Saat Tanggap Darurat:

Penyelenggaraan penanggulangan bencana pada saat tanggap darurat salah satunya meliputi, pengkajian secara cepat, tepat terhadap lokasi, kerusakan, sumber daya, penyelamatan dan evakuasi masyarakat terkena bencana, pemenuhan kebutuhan dasar, perlindungan terhadap kelompok rentan, pemulihan segera prasarana serta sarana vital.

  • Pasca Bencana:

Penyelenggaraan penanggulangan bencana pada tahap pasca bencana meliputi, Rehabilitasi dan Rekonstruksi.

Dari paparan diatas dapat disimpulkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana diperlukan perhatian yang lebih serius pada aspek penanggulangan bencana yang mengutamakan upaya koordinasi lintas sektoral dengan instansi terkait seperti pemerintah kabupaten, PLN, PDAM, PMI, kecamatan melibatkan Pol PP dan Desa melibatkan Linmas, Anggota Polri maupun Relawan Kebencanaan/Lembaga Swadaya Masyakarat (LSM), organisasi masyarakat dan kelompok-kelompok lainnya yang peduli dalam upaya memimalisir dapak dari bencana seperti kerugian materil, korban jiwa serta kerusakan sarana dan prasarana umum lainnya.

Share Post :