Sosialisasi Pekerjaan Satker Operasi dan Pemeliharaan SDA Bali – Penida

  • Admin Gerokgak
  • 20 Januari 2020
  • Dibaca: 62 Pengunjung

Camat Gerokgak (Made Juartawan, S.STP, MM) membuka sosialisasi pekerjaan satker operasi dan pemeliharaan SDA Bali – Penida dengan kegiatan rehabilitasi Bendungan Gerokgak, yang berlangsung di Ruang Rapat Nithi Sabha Kantor Camat Gerokgak, senin (20/01/2020).

Bendungan merupakan suatu bangunan yang sangat vital dan memiliki tingkat resiko / bahaya yang tinggi, untuk itu perlu dilakukan operasi dan pemeliharaan dengan baik. Untuk mengoptimalkan operasi dan pemeliharaan bendungan perlu dilakukan beberapa perbaikan terhadap kawasan bendungan untuk memberikan zona public dan steril. Operasi dan pemeliharaan bendungan yang baik akan memberikan suatu manfaat yang sangat banyak untuk stake holder dari bendungan tersebut seperti petani, masyarakat umum yang menerima layanan PDAM, wisatawan dan juga konservasi lingkungan dan sumber daya air dapat maksimal. Dengan tujuan untuk dapat memberikan manfaat optimal didalam bidang irigasi, air baku dan menambah keamanan Bendungan.

Adapun uraian pekerjaan yang terlaksana di Bendungan Gerokgak yakni, pekerjaan penataan beton terowongan dan RIPRAP, pekerjaan kawasan bendungan serta pekerjaan rehabilitasi besar bendungan, dengan waktu pengerjaan 1 tahun dari bulan desember  2019 sampai dengan bulan desember 2020.

Manfaat dari pekerjaan tersebut, diharapkan setelah pekerjaan rehab tersebut berakhir dapat bergeliatnya sektor pariwisata di area Bendungan dan meningkatkan kinerja bendungan sehingga dapat berfungsi secara optimal bagi pemenuhan kebutuhan air di daerah sekitar.

Turut hadir, Kepala Satker Operasi dan Pemeliharaan Balai Wilayah Sungai Bali Penida, Pemerintah Desa Patas, Pemerintah Desa Gerokgak, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta para Kelihan Subak.

Share Post :