Sosialisasi Teknik Evakuasi Mandiri Bencana Alam Gempa

  • Admin Gerokgak
  • 10 Januari 2020
  • Dibaca: 226 Pengunjung

Sosialisasi Teknik Evakuasi Mandiri Bencana Alam Gempa bertempat di Balai Desa Celukanbawang Banjar Dinas Berombong, Jumat (10/01).

Kadek Donny Indrawan selaku BASARNAS mengungkapkan, Badan SAR Nasional mempunyai tugas pokok melaksanakan pembinaan, pengkoordinasian dan pengendalian potensi Search and Rescue (SAR) dalam kegiatan SAR terhadap orang dan material yang hilang atau dikhawatirkan hilang, atau menghadapi bahaya dalam laut, darat dan udara, serta memberikan bantuan dalam penanggulangan bencana dan musibah lainnya sesuai dengan peraturan SAR Nasional dan Internasional.

Teknik Pelaksanaan Evakuasi mandiri ini merupakan salah satu rangkaian untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, lembaga usaha, instansi setempat akan ancaman bencana di wilayahnya. Teknik penyelamatan yang baik dan benar tidak hanya memudahkan penolong dalam melakukan penyelamatan tetapi juga dapat menyelamatkan keselamatan si penolong itu sendiri.

Jika terjadi gempa dalam ruangan dan luar ruangan lindungi kepala, jangan berlari /panik, jangan berisik, jangan mendorong, dan hindari berlindung di dalam mobil serta dibawah pepohonan.

Turut hadir, BASARNAS Pos Buleleng yg ada di Patas (Kadek Donny Indrawan) Beserta Anggota serta TIM Potensi SAR Radio 115 Bali, Waka Polsek Celukan Bawang (AIPTU. Made Suartina), Camat Gerokgak yang dalam hal ini diwakili Kasi Linmas Trantib dan Sat. Pol. PP (I Ketut Mastra Atmaja,SPd) beserta  anggota, Kelihan Desa Pakraman (Jro Made Darmika) beserta prajuru serta Paguyuban Pemangku (jro Mangku Teken),Perangkat Desa Celukanbawang, KBD Berombong (Putu Pastika) dan masyarakat Banjar Dinas Berombong.

Call Center SAR Pos Buleleng (03623361471)

Share Post :