Tupoksi

  • Admin Bulelengkab
  • 29 Pebruari 2016
  • Dibaca: 2820 Pengunjung

Tupoksi

 

Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 77 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Buleleng terdiri atas :

1. Camat mempunyai tugas dan fungsi sebagai berikut:

a. menyusun rencana kegiatan dan merumuskan kebijakan operasional Kecamatan, berdasarkan kebijakan yang ditetapkan oleh Bupati serta sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja;

b. memimpin dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;

c. mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan;

d. merumuskan dan mengkoordinasikan penyelenggaraan Urusan Pemerintahan umum;

e. merumuskan dan mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat;

f. merumuskan dan mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;

g. merumuskan dan mengkoordinasikan penerapan dan penegakan Perda dan Peraturan Bupati;

h. merumuskan dan mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;

i. merumuskan dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pembangunan dan sosial budaya;

j. merumuskan dan mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh Perangkat Daerah di tingkat kecamatan;

k. merumuskan dan mengkoordinasikan pelaksanaan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan kegiatan desa;

l. merumuskan dan mengkoordinasikan pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan kabupaten yang tidak dilaksanakan oleh unit kerja Pemerintahan Daerah Kabupaten yang ada di kecamatan;

m. melaksanakan tugas yang dilimpahkan oleh Bupati untuk melaksanakan sebagian urusan yang menjadi kewenangan Daerah Kabupaten;

n. mengkoordinasikan dan melaksanakan pengendalian, pengawasan, monitoring dan evaluasi seluruh pelaksanaan kegiatan kecamatan, desa dan/kelurahan;

o. merumuskan dan mengkoordinasikan pelaksanaan pengelolaan keuangan, ketatausahaan asset/barang milik daerah/pemerintah di lingkungan Kecamatan;

p. merumuskan penyusunan Rencana Strategik (RENSTRA), Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) di Lingkungan Kecamatan;

q. merumuskan penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT), Perjanjian Kerja dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) di lingkungan Kecamatan;

r. mengkoordinasikan pelaksanaan reformasi birokrasi dan system pengawasan internal pemerintah (SPIP) di lingkungan Kecamatan;

s. merumuskan dan mengkoordinasikan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) di lingkungan Kecamatan;

t. merumuskan dan mengkoordinasikan penyusunan Analisis Jabatan (ANJAB) dan Analisis Beban Kerja (ABK) di lingkungan Kecamatan;

u. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan; dan melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. Sekretaris Camat memiliki tugas dan fungsi sebagai berikut:

a. menyusun rencana kegiatan Sekretariat, berdasarkan data dan program Kecamatan dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja;

b. memimpin dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;

c. mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan;

d. memfasilitasi dan memberikan pelayanan administrasi kepada seluruh satuan organisasi di lingkungan kecamatan;

e. memfasilitasi dan melaksanakan surat menyurat, tata usaha, keuangan, rumah tangga, perlengkapan, kehumasan, keprotokolan, dokumentasi, kearsipan dan perpustakaan;

f. merumuskan dan mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;

g. merumuskan dan mengkoordinasikan penerapan dan penegakan Perda dan Peraturan Bupati;

h. merumuskan dan mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;

i. merumuskan dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan pembangunan dan sosial budaya;

j. merumuskan dan mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh Perangkat Daerah di tingkat kecamatan;

k. merumuskan dan mengkoordinasikan pelaksanaan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan kegiatan desa;

l. merumuskan dan mengkoordinasikan pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan kabupaten yang tidak dilaksanakan oleh unit kerja Pemerintahan Daerah Kabupaten yang ada di kecamatan;

m. melaksanakan tugas yang dilimpahkan oleh Bupati untuk melaksanakan sebagian urusan yang menjadi kewenangan Daerah Kabupaten;

n. mengkoordinasikan dan melaksanakan pengendalian, pengawasan, monitoring dan evaluasi seluruh pelaksanaan kegiatan kecamatan, desa dan/kelurahan;

o. merumuskan dan mengkoordinasikan pelaksanaan pengelolaan keuangan, ketatausahaan asset/barang milik daerah/pemerintah di lingkungan Kecamatan;

p. merumuskan penyusunan Rencana Strategik (RENSTRA), Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) di Lingkungan Kecamatan;

q. merumuskan penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT), Perjanjian Kerja dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) di lingkungan Kecamatan;

r. mengkoordinasikan pelaksanaan reformasi birokrasi dan system pengawasan internal pemerintah (SPIP) di lingkungan Kecamatan;s. merumuskan dan mengkoordinasikan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) di lingkungan Kecamatan;

t. merumuskan dan mengkoordinasikan penyusunan Analisis Jabatan (ANJAB) dan Analisis Beban Kerja (ABK) di lingkungan Kecamatan;

u. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan; dan melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2.1 Sub. Bagian Perencanaan 

a. menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Perencanaan, berdasarkan data dan program Sekretariat serta ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja;

b. memimpin dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;

c. mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan;

d. menghimpun dan melaksanakan penyusunan rencana anggaran Kecamatan meliputi pembuatan RKA dan DPA;

e. menghimpun dan melaksanakan penyusunan rencana kerja Kecamatan;

f. melaksanakan evaluasi dan monitoring serta membuat laporan pelaksanaan kegiatan Kecamatan;

g. melaksanakan pengelolaan dan dan informasi;

h. melaksanakan penyusunan Rencana Strategik (RENSTRA), Indikator Kinerja Utama (IKU), Perjanjian Kerja (PK), Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Kecamatan;

i. melaksanakan dan menyusun laporan Survey Kepuasan Masyarakat;

j. melaksanakan dan menyusun Standar Pelayanan (SP) dan Standar  Operasional Prosedur (SOP) Kecamatan;

k. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan; dan melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai peraturan perundang-undangan.

2.2 Sub Bagian Umum dan Keuangan 

a. menyusun rencana kegiatan Sub Bagian Umum dan Keuangan, berdasarkan data dan program Sekretariat serta ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja;

b. memimpin dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;

c. mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan;

d. memberikan pelayanan administrasi meliputi urusan surat-menyurat, tata usaha, rumah tangga, perlengkapan, kehumasan, keprotokolan, dokumentasi, kearsipan dan perpustakaan kepada seluruh unti di lingkungan Kecamatan;

e. melaksanakan pengelolaan dan penatausahaan barang milik pemerintah dilingkungan Kecamatan;

f. menyiapkan bahan pembinaan organisasi, tata laksana dan kepegawaian dilingkungan kecamatan dan kelurahan;

g. melaksanakan administrasi kepegawaian yang meliputi penyusunan daftar urut kepangkatan, formasi, besetting pegawai, menyusun data pegawai, pengusulan kenaikan pangkat, gaji berkala, cuti dan pension;

h. menyusun rencana kebutuhan, pengembangan dan kesejahteraan pegawai;

i. menyusun dan melaksanakan Analisa Jabatan (ANJAB) dan Analisa Beban Kerja (ABK) dilingkungan kecamatan;

j. melaksanakan dan melaporkan pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dan Sistem Pengawasan Internal Pemerintahan (SPIP) dilingkungan Kecamatan;

k. menerima, menyimpan, mengeluarkan dan membuat laporan pertanggungjawaban keuangan Kecamatan;

l. menyiapkan bahan, menyusun serta melaksanakan pencatatan pembukuan, verifikasi serta perbendaharaan;

m. melaksanakan pengurusan administrasi keuangan yang meliputi: penerbitan, meneliti kelengkapan dan menyiapkan Surat Penyediaan Dana (SPD), Surat Permintaan Pembayaran (SPP) dan Surat Perintah Membayar (SPM);

n. melaksanakan pembayaran gaji, tunjangan dan kesejahteraan pegawai sesuai peraturan perundang-undangan ;

o. melaporkan keadaan kas kepada atasan setiap bulan dan sewaktu-waktu sesuai kebutuhan/keadaan;

p. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan dan melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai peraturan perundang-undangan.

3. Seksi Pemerintahan

a. menyusun rencana kegiatan Seksi Pemerintahan, berdasarkan data dan program Kecamatan serta ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja;

b. memimpin dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;

c. mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan

d. melaksanakan pembinaan penyelengaraan pemerintahan umum serta pembinaan keagrarian;

e. melaksanakan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan dan keuangan desa/kelurahan;

f. melaksanakan pembinaan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil;

g. melaksanakan kegiatan pemilu, ideologi Negara dan kesatuan bangsa;

h. melaksanakan pembinaan, pelayanan dan inventarisasi kekayaan desa/kelurahan;

i. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan; dan melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai peraturan perundang-undangan.

4. Seksi Pembangunan 

a. menyusun rencana kegiatan Seksi Pembangunan, berdasarkan data dan program Kecamatan serta ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja;

b. memimpin dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;

c. mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan;

d. melaksanakan pembinaan pelaksanaan pembangunan yang meliputi perekonomian masyarakat desa/kelurahan, produksi dan distribusi;

e. melaksanakan penyusunan profil Kecamatan, Desa/Kelurahan;

f. mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan perempuan di masyarakat;

g. melaksanakan pendataan swadaya murni masyarakat proyek masuk desa/kecamatan;

h. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan; dan melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai peraturan perundang-undangan.

5. Seksi Ketentraman, Ketertiban, dan Satuan Polisi Pamong Praja

 a. menyusun rencana kegiatan Seksi Ketentraman, Ketertiban dan Sat. Pol. PP, berdasarkan data program kecamatan serta ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja;

b. memimpin dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;

c. mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan;

d. melaksanakan pembinaan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat;

e. melaksanakan pembinaan Polisi Pamong Praja;

f. melaksanakan penerbitan/pengawasan peraturan daerah dan peraturan bupati;

g. melaksanakan koordinasi penanggulangan bencana alam;

h. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan;dan melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai peraturan perundang-undangan.

6. Seksi Pelayanan Administrasi Terpadu

a. menyusun rencana kegiatan Seksi Pelayanan Administrasi Terpadu, berdasarkan data dan program kecamatan serta ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja;

b. memimpin dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;

c. mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan;

d. melaksanakan pembinaan pelayanan kebersihan, keindahan, pertamanan dan sanitasi lingkungan;

e. melaksanakan pembinaan perijinan, sarana dan prasarana fisik pelayanan umum;

f. melaksanakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan;

g. melaksanakan koordinasi pelayanan pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan;

h. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasan; dan  melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai peraturan perundang-undangan.

7. Seksi Sosial dan Budaya 

a. menyusun rencana kegiatan Seksi Sosial dan Budaya, berdasarkan data dan program Kecamatan serta ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagai pedoman kerja;

b. memimpin dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;

c. mengevaluasi dan menilai prestasi hasil kerja bawahan;

d. melaksanakan pembinaan pelayanan bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS);

e. melaksanakan pembinaan kehidupan keagamaan, pendidikan, pemuda plah raga, pariwisata dan kesehatan masyarakat;

f. melaksanakan kegiatan pelestarian adat dan budaya

g. mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan tugasnya kepada atasa; dan melaksanakan tugas lain yang diperintahkan oleh atasan sesuai peraturan.


Share Post :