(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Melihat 'Ramadhan' Dulu dan Kini

Admin gerokgak | 01 April 2023 | 170 kali

Bulan Ramadhan, Bulan Suci penuh berkah dan hikmat, dimana umat muslim menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh. Akan tetapi, puasa dari tahun ke tahun tentunya mengalami perubahan seiring perkembangan zaman. Dari yang namanya ngabuburit sampai buka puasa bersama.

Satu hal yang pasti saat puasa, ngabuburit menjadi hal yang wajib dilakukan dan biasanya orang akan jalan-jalan bersama teman atau keluarga. Namun, sekarang orang lebih banyak menghabiskan waktu hanya untuk bermain smartphone. Hal itu merupakan salah satu perubahan yang terjadi di Bulan Ramadhan saat ini. Yukk, lihat beberapa perbedaan dalam ibadah puasa di bulan suci Ramadhan dulu dan sekarang.

1. Dulu sibuk ngisi buku Ramadhan, sekarang lebih sebuk sendiri mainin smartphone. Waktu dulu puasa selalu diisi dengan hal-hal bermanfaat, salah satunya dengan mengisi buku ramadhan dan mengaji. Perbedaan dengan zaman sekarang sangat terlihat, dimana anak-anak lebih sering bermain dengan smartphone untuk menghabiskan waktu sampai waktu berbuka puasa.

2. Dulu ribet buka puasa dengan apa, sekarang ribet harus berbuka puasa dengan siapa. Pada bulan Ramadhan dulu, sering kali kita bingung menentukan menu untuk berbuka puasa. Beda halnya dengan sekarang, bingung untuk menentukan berbuka puasa dengan siapa. Dulu waktu berbuka puasa dengan keluarga merupakan hal yang membahagiakan, zaman sekarang lebih banyak berbuka ditempat kekinian bersama dengan teman.

3. Waktu dulu batal puasa karena makanan, sekarang batal karena tidak bisa menahan nafsu ke wanita. Berpuasa dulu biasanya batal karena tergoda makanan, apalagi bau makanan yang menggugah selera. Berbeda dengan zaman sekarang puasa batal karena melihat lekuk tubuh perempuan yang seksi. Tidak bisa menahan nafsu sehingga berimajinasi terhadap wanita yang seksi.

4. Saat berpuasa sangat banyak kegiatan positif, tapi sekarang lebih banyak rebahan bahkan banyak tidurnya. Saat puasa dulu, banyak kegiatan dilakukan seperti mengaji, membantu orang tua bahkan bersih-bersih lingkungan. Untuk zaman sekarang lebih banyak menghabiskan waktu untuk rebahan sambil main HP, sampai ketiduran. Apalagi anak muda yang kerjaannya setiap hari tiduran sampai berbuka puasa. Memang tidur waktu bulan puasa sama dengan ibadah, namun alangkah baiknya jika tidurnya tidak berlebihan dan menyebabkan puasanya tidak mendapat pahala.

5. Dulu suka bangunin orang saat sahur, sekarang malah susah dibangunin waktu sahur. Membangunkan sahur dengan menabuh bedug atau berkeliling untuk membangunkan sahur memang sudah ada sejak dulu. Bagi anak muda membangunkan sahur saat itu merupakan hal yang menyenangkan, tetapi tidak untuk zaman sekarang, anak-anak sulit dibangunkan waktu sahur telah tiba, harus dibangunkan berulang kali saat sahur.

Nah, itu dia beberapa hal perbedaan saat menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadhan dulu dan sekarang. Bagi umat Muslim yang saat ini masih menjalankan ibadah puasa, tetap semangat dan semoga Allah selalu memberikan kekuatan dalam menjalan ibadah puasa, sampai di hari terakhir. Btw, kalian termasuk generasi yang mana nih, dulu apa sekarang???