(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

KANTINKU SAYANG KANTINKU MALANG

Admin gerokgak | 22 Desember 2014 | 1569 kali

 

Layanan kantin  atau kafetaria merupakan salah satu bentuk layanan khusus di gedung atau bangunan publik yang berusaha menyediakan makanan dan minuman yang dibutuhkan. William H. Roe dalam bukunya School Business Management menyebutkan beberapa tujuan yang dapat dicapai melalui penyediaan layanan kantin:

  1. memberikan kesempatan kepada pelanggan memilih makanan yang baik atau sehat;
  2. menganjurkan kebersihan dan kesehatan;
  3. menekankan kesopanan dalam masyarakat, dalam bekerja, dan kehidupan bersama;
  4. menekankan penggunaan tata krama yang benar dan sesuai dengan yang berlaku di masyarakat;
  5. memberikan gambaran tentang manajemen yang praktis dan baik;
  6. menunjukan adanya koordinasi antara bidang;
  7. menghindari terbelinya makanan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebersihannya dan kesehatannya.

Dilihat dari tujuan kantin di atas, maka kantin dapat berfungsi untuk:

  1. membantu pertumbuhan dan kesehatan pelanggan dengan jalan menyediakan makanan yang sehat, bergizi, dan praktis;
  2. mendorong pelanggan untuk memilih makanan yang cukup dan seimbang;
  3. memperlihatkan kepada pelanggan bahwa faktor emosi berpengaruh pada kesehatan seseorang;
  4. memberikan batuan dalam mengajarkan ilmu gizi secara nyata;
  5. mengajarkan penggunaan tata krama yang benar dan sesuai dengan yang berlaku di masyarakat;
  6. sebagai tempat untuk berdiskusi, dan tempat menunggu apabila ada jam kosong.

Terkait dengan bentuk pelayanan kantin, terdapat 3 (tiga) alternatif bentuk layanan, yaitu:

  1. Self service system. Sistem pelayanan dimana pembeli melayani dirinya sendiri makanan yang diingini;
  2. Wait service system. Sistem pelayanan dimana pembeli menunggu dilayani oleh petugas kantin sesuai dengan pesanan;
  3. Tray service system. Sistem pelayanan dimana pembeli dilayani petugas kantin, dan penyajian makanannya dengan menggunakan baki atau nampan.

Tidak terlepas itu semua kami di kantor Camat Gerokgak juga memliki kantin walaupun dilihat dari fisik dan hidangan tidak memenuhi kriteria kantin yang sebenarnya tapi kami menganggapnya tetap kantin (agar terdengar keren). Kantin yang kami dirikan lebih identik dengan warung, diprakarsai oleh teman sejawat kami I NYOMAN KADER pada tahun 2000. Pada awalnya kantin ini berdiri karena banyak pegawai bekerja di instansi kami cukup jauh jaraknya dari rumah masing-masing, sehingga muncul ide untuk mendirikan warung ala kadarnya untuk tempat beristirahat  (sarapan dan makan siang). Di tempat ini juga tempat kami berkeluh kesah tentang pekerjaan dan masalah di keluarga, tempat bersenda gurau dan tukar pikiran sehingga segala informasi dapat kami peroleh ditempat itu.

Dan di tahun belakangan ini omzet penjualan agak menurun karena adanya kebijakan PNS dipekerjakan tidak jauh dari tempat tinggal yang bersangkutan tapi warung yang tetap kami sebut kantin tetap eksis karena bukan keuntungan yang hal utama namun lebih mengutamakan kekeluargaan.

Download disini