Layanan kantin atau kafetaria merupakan salah satu bentuk layanan khusus di gedung atau bangunan publik yang berusaha menyediakan makanan dan minuman yang dibutuhkan. William H. Roe dalam bukunya School Business Management menyebutkan beberapa tujuan yang dapat dicapai melalui penyediaan layanan kantin:
Dilihat dari tujuan kantin di atas, maka kantin dapat berfungsi untuk:
Terkait dengan bentuk pelayanan kantin, terdapat 3 (tiga) alternatif bentuk layanan, yaitu:
Tidak terlepas itu semua kami di kantor Camat Gerokgak juga memliki kantin walaupun dilihat dari fisik dan hidangan tidak memenuhi kriteria kantin yang sebenarnya tapi kami menganggapnya tetap kantin (agar terdengar keren). Kantin yang kami dirikan lebih identik dengan warung, diprakarsai oleh teman sejawat kami I NYOMAN KADER pada tahun 2000. Pada awalnya kantin ini berdiri karena banyak pegawai bekerja di instansi kami cukup jauh jaraknya dari rumah masing-masing, sehingga muncul ide untuk mendirikan warung ala kadarnya untuk tempat beristirahat (sarapan dan makan siang). Di tempat ini juga tempat kami berkeluh kesah tentang pekerjaan dan masalah di keluarga, tempat bersenda gurau dan tukar pikiran sehingga segala informasi dapat kami peroleh ditempat itu.
Dan di tahun belakangan ini omzet penjualan agak menurun karena adanya kebijakan PNS dipekerjakan tidak jauh dari tempat tinggal yang bersangkutan tapi warung yang tetap kami sebut kantin tetap eksis karena bukan keuntungan yang hal utama namun lebih mengutamakan kekeluargaan.
Download disini