BAB I
GAMBARAN UMUM
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Pemerintah Kecamatan memiliki peran dalam membantu Pemerintah Kabupaten dalam melaksanakan tugas Pemerintah. Dimana kecamatan sebagai perangkat daerah merupakan organisasi terdepan dalam memberikan pelayanan publik. Camat beserta jajarannya bersifat operasional dan memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat sehingga misi kecamatan tidak dapat dilepaskan dan sangat erat kaitannya dengan visi dan misi kabupaten. Sebagai penyelenggara Pemerintahan Daerah di kecamatan, Pemerintah Kecamatan memiliki tugas pokok menyelenggarakan sebagian tugas di bidang pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan, disamping melaksanakan tugas dari pelimpahan wewenang Bupati untuk menangani urusan otonomi daerah, Camat juga menyelenggarakan tugas umum pemerintah meliputi:
- Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
- Mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
- Mengkoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
- Mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
- Mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan;
- Membina penyelenggaraan pemerintahan desa dan atau kelurahan;
- Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan atau yang belum
Dengan demikian, dengan tugas “mengkoordinasikan” pemerintah kecamatan diharapkan mampu mendorong kelancaran berbagai kegiatan di tingkat kecamatan kearah peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan dengan tugas “membina” diharapkan mampu memfasilitasi pembuatan Peraturan Desa, terwujudnya administrasi tata Pemerintahan Desa yang baik. Selanjutnya berdasarkan Peraturan Bupati Buleleng Nomor 64 tahun 2008 tentang Tugas Pokok dan Fungsi Pemerintah Kecamatan se- Kabupaten Buleleng, disebutkan bahwa tugas pokok Pemerintah Kecamatan adalah melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi diantaranya tugas di bidang pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan, pelayanan umum serta ketertiban dan keamanan.
Dalam rangka melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang telah diuraikan di atas, maka tujuan dan sasaran yang hendak dicapai dalam penyelenggaraan pemerintah kecamatan adalah :
- Meningkatkan kompetensi aparat pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa, dengan sasaran yang ingin dicapai yaitu terwujudnya tertib administrasi perkantoran dan terwujudnya tertib administrasi Pemerintahan Desa.
- Meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat, dengan sasaran yang ingin dicapai yaitu terwujudnya pelayanan cepat dan tepat.
- Menciptakan kondisi sosial politik dan keamanan yang mantap, dengan sasaran yang ingin dicapai yaitu terwujudnya kondisi wilayah aman, tertib dan kondusif.
Berdasarkan Perda Kabupaten Buleleng No. 4 Tahun 2008 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah, sedangkan Tugas Pokok dan Fungsi secara rinci diatur dengan Keputusan Bupati No. 64 Tahun 2008. Tugas pokok Pemerintah Kecamatan sesuai dengan keputusan tersebut adalah melaksanakan kewenangan Pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi diantaranya tugas di bidang Pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan, Pelayanan Umum, serta ketertiban dan keamanan di Wilayah Kecamatan serta mengkoordinasikan kegiatan Instansi yang ada di Wilayah Kecamatan.
Untuk menyelenggarakan tugas pokok dan fungsi tersebut Pemerintah Kecamatan mempunyai fungsi :
a. Penyelenggaraan pemerintahan umum dan pembinaan keagrariaan.
b. Pembinaan Pemerintahan Desa dan Kelurahan
c. Pembinaan ketentraman dan ketertiban wilayah dan perlindungan masyarakat di wilayah kecamatan.
d. Pembinaan pembangunan yang meliputi perekonomian, distribusi, dan pembinaan sosial kemasyarakatan.
e. Pelaksanaan pembinaan pelayanan umum dan lingkungan hidup
f. Pengkoordinasian kegiatan Cabang Dinas dan Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) serta kegiatan lintas sektoral Kelurahan/Desa yang ada diwilayah desa.
Susunan Organisasi Pemerintah Kecamatan :
1. Camat
2. Sekretariat
3. Seksi Pemerintahan
4. Seksi Pembangunan
5. Seksi Kesejahteraan Sosial
6. Seksi Linmas Trantib
7. Seksi Pelayanan Umum
8. Kelompok Jabatan Fungsional
9. Kepala Sub Bagian Keuangan
10. Kepala Sub Bagian Kepegawaian
11. Kepala Sub Bagian Umum
BAB II
Realisasi Program dan Kegiatan
2.1 Realisasi Program dan Kegiatan pada Tahun Anggaran 2012
PadaTahun Anggaran 2012 Pemerintah Kecamatan Gerokgak memiliki 10 program dan 48 kegiatan dengan pagu Rp.930.000.000,- realisasi Rp.884.582.003,- (95,11%) yang terdiri atas:
1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran dengan pagu anggaran Rp.337.577.500,- terealisasi Rp.310.278.253,- (86,77%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
1 |
Program Pelayanan Administrasi Perkantoran |
Penyediaan Jasa Surat Menyurat |
1.935.000,- |
1.700.000,- |
Penyediaan Jasa Komunikasi Sumber Daya Air dan Listrik |
30,600,000,- |
22,054,853,- |
||
Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perijinan Kendaraan Dinas / Operasional |
3,350,000,- |
1,541,300,- |
||
Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan |
127,300,000,- |
125,080,000,- |
||
Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor |
38,275,800,- |
38,275,800,- |
||
Penyediaan Jasa Perbaikan Peralatan Kerja |
3,000,000,- |
3,000,000,- |
||
Penyediaan Alat Tulis Kantor |
17,879,800,- |
17,879,800,- |
||
Penyediaan Brang Cetak dan Penggaandaan |
8,332,500,- |
8,332,500,- |
||
Penyediian Komponen Isntalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor |
8,935,200,- |
7,902,200,- |
||
Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor |
37,389,200,- |
37,238,900,- |
||
Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang – undangan |
6,180,000,- |
6,180,000,- |
||
Penyediaan Makanan dan Minuman |
14,000,000,- |
7,300,000,- |
||
Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi Keluar/ Dalam Daerah |
40,400,000,- |
33,792,900,- |
||
Jumlah |
337,577,500 |
310,278,253 |
2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur dengan pagu anggaran Rp.171.627.900,- terealisasi Rp.162.327.900,- (95,42%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
2 |
Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur |
Pengadaan Kendaraan Dinas/Operasional |
16.500.000,- |
15.133.000,- |
Pengadaan Mebeleur |
41.103,300,- |
41.103.300,- |
||
Penyelenggaraan dan Pengadaan Sarana/Prasarana Upacara |
22.941.000,- |
22.941.000,- |
||
Pemeliharaan Rutin/Berkala Rumah Dinas |
7,500,000,- |
7,496,000,- |
||
Pemeliharaan Rutin/Berkala Gedung/Lingkungan Kantor |
27.900.000,- |
27.864.500,- |
||
Pemeliharaan Rutin/Berkala Kendaraan Dinas/Operasional |
33.683.600,- |
26.032.100,- |
||
Rehabilitasi sedang/berat Gedung kantor |
22.000.00,- |
22.000.000,- |
||
Jumlah |
171.627.900 |
162.327.900 |
3. Program Peningkatan Disiplin Aparatur Rp.23.903.000,- terealisasi Rp.23.299.650,- (93,95%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
3 |
Program Peningkatan Disiplin Aparatur |
Pengadaan Pakaian Dinas beserta kelengkapannya |
4.653..000,- |
4.103.000,- |
Pengadaan Khusus Hari-hari tertentu |
19.250.000,- |
19.196.650,- |
||
Jumlah |
23.903.000,- |
23.299.650,- |
4. Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Rp.16.800.000,- terealisasi Rp.16.800.000,- (93,95%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
4 |
Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan |
Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD |
10,,500,000,- |
10,500,000,- |
Penyusunan Pelaporan Prognosis Realisasi Anggaran |
1,900.000,- |
1.900.000,- |
||
Penyusunan Pelaporan Keuangan Akhir Tahun |
4,400,000,- |
4,400,000,- |
||
Jumlah |
16,800,000,- |
16,800,000,- |
5. Program Perencanaan Anggaran SKPD Rp.16.560.000,- terealisasi Rp.16.445.000,- (99,00%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
5 |
Program Perencanan Anggaran SKPD |
Penyusunan Anggaran SKPD |
16,560,000,- |
16,445,000,- |
Jumlah |
16,560,000,- |
16,445,000,- |
6. Program Perencanaan Anggaran SKPD Rp.14.120.000,- terealisasi Rp.13.720.000,- (97,00%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
6 |
Program Informasi Pembangunan Daerah |
Penyelenggaraan Pameran/Pegawai Pembangunan |
14,120,000,- |
13,720,000,- |
Jumlah |
14,120,000,- |
13,720,000,- |
7. Program Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Rp.104.399.000,- terealisasi Rp.102.355.500,- (94,52%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
7 |
Program Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa |
Pembinaan Tugas-tugas Kepala Desa/ Perbekel Lurah |
48,874,000,- |
42,538,000,- |
Bimbingan Teknis Penyusunan Peraturan Desa |
7,925,000,- |
7,917,500,- |
||
Bintek Penyusunan Laporan Pertanggung Jawaban Kades / Perbekel |
6,225,000,- |
4,975,000,- |
||
Pembinaan Pelaksanaan Pemilihan dan Pelantikan Perbekel |
- |
- |
||
Bintek Pelaksanaan Adm. Pemerintahan Desa / Kelurahan |
47,375,000,- |
46,925,000,- |
||
Jumlah |
104,399,000,- |
102,355,500,- |
8. Program Koordinasi Penyelenggaraan Peningkatan Pembangunan Rp.58.138.600,- terealisasi Rp.57.090.000,- (97,14%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
8 |
Program Koordinasi Penyelenggaraan Peningkatan Pembangunan |
Pembinaan Lomba Desa/Kelurahan Terpadu |
26,924,000,- |
26,641,000,- |
Pelaksanaan Musyawarah Pembangunan Desa/Kelurahan dan Kecamatan |
13,650,000,- |
13,650,000,- |
||
Pendataan dan Evaluasi Swadaya Murni Masyarakat dan Proyek Masuk Desa/Kelurahan |
5,695,000,- |
5,115,000,- |
||
Penyusunan Profil Desa/Kelurahan dan Kecamatan |
5,809,600,- |
5,809,600,- |
||
Pembinaan LPM Desa/Kelurahan |
6,060,000,- |
5,875,000,- |
||
Jumlah |
58,138,600,- |
57,090,000,- |
9. Program Koordinasi Penyelenggaraan Peningkatan Linmas Rp.54.035.000,- terealisasi Rp.53.753.000,- (99,74%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
9 |
Program Koordinasi Penyelenggaraan Peningkatan Linmas |
Pengamanan dan Pengawasan Peraturan Daerah |
35,586,000,- |
35,324,000,- |
Pembinaan Linmas Hansip Desa/Kelurahan |
6,399,000,- |
6,379,000,- |
||
Pemantauan Keamanan dan Ketertiban Wilayah |
6,000,000,- |
6,000,000,- |
||
Koordinasi Penanggulagan Bencana Alam |
6,050,000,- |
6,050,000,- |
||
Jumlah |
54,035,000,- |
53,753,000,- |
10. Program Koordinasi Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Rp.101.075.300,- terealisasi Rp.96.731.400,- (93,99%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
10 |
Program Koordinasi Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial |
Pembinaan dan Koordinasi Pelaksanaan Pelestarian Adat & Budaya |
33,186,000,- |
32,243,000,- |
Pembinaan Pemuda Olah Raga dan Lembaga Sosial Kemasyarakatan |
34,654,300,- |
34,654300,- |
||
Koordinasi Pelaksanaan Lomba Kesejahteraan Sosial |
20,830,000,- |
18,929,100,- |
||
Koordinasi Pelaksanaan Perayaan Hari-Hari Nasional |
12,405,000,- |
10,905,000,- |
||
Jumlah |
101,075,300,- |
96,731,400,- |
11. Program Koordinasi Penyelenggaraan Peningkatan Pelayanan Rp.31.763.700,- terealisasi Rp.31.735.700,- (95,72%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
11 |
Program Koordinasi Penyelenggaraan Peningkatan Pelayanan |
Pembinaan Kebersihan dan Lingkungan Hidup |
20,916,200,- |
20,888,200,- |
Pembinaan Pelayanan Masyarakat dan Perijinan |
5,647,500,- |
5,647,500,- |
||
Pembinaan Inventarisasi Kekayaan Pemerintah Desa |
5,200,000,- |
5,200,000,- |
||
Jumlah |
31,763,700,- |
31,735,700,- |
||
|
|
Jumlah total |
930.000.000 |
884.582.003 |
2.2 Realisasi Program dan Kegiatan pada Tahun Anggaran 2013
PadaTahun Anggaran 2013 Pemerintah Kecamatan Gerokgak memiliki 11 program dan 48 kegiatan dengan Pagu Rp.1.301.600.000,- realisasi 1.247.867.003,- (95,87%) yang terdiri atas:
1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran dengan pagu anggaran Rp.531.151.600,- terealisasi Rp.500.985.903,- (94,32%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
1 |
Program Pelayanan Administrasi Perkantoran |
Penyediaan Jasa Surat Menyurat |
1.750.000,- |
1.500.000,- |
Penyediaan Jasa Komunikasi Sumber Daya Air dan Listrik |
25,200,000,- |
21.296.951,- |
||
Penyediaan Jasa Peralatan dan Perlengkapan Kantor |
79.200.000,- |
73.806452,- |
||
Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perijinan Kendaraan Dinas / Operasional |
3.350.000,- |
994.000,- |
||
Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan |
179,775,000,- |
176.100.000,- |
||
Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor |
48.775.800,- |
48.386.800,- |
||
Penyediaan Jasa Perbaikan Peralatan Kerja |
3,000,000,- |
2.720,000,- |
||
Penyediaan Alat Tulis Kantor |
17.500.000,- |
17.410.000,- |
||
Penyediaan Brang Cetak dan Penggaandaan |
10.985.000,- |
10.382.000,- |
||
Penyediian Komponen Isntalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor |
6.425.800,- |
6.425.800,- |
||
Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor |
71.095.000,- |
71.095.000,- |
||
Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang – undangan |
6.960,000,- |
6,560,000,- |
||
Penyediaan Makanan dan Minuman |
18.110,000,- |
16.404.500,- |
||
Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi Keluar/ Dalam Daerah |
59.025.000- |
47.904.400,- |
||
Jumlah |
531.151.600,- |
500.985.903,- |
2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur dengan pagu anggaran Rp.278.977.100,- terealisasi Rp.264.527.600,- (94,82%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
2 |
Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur |
Pemeliharaan rutin/berkala Kendaraan Dinas/Operasional |
39.683.600,- |
31.606.600,- |
Pengadaan Mebeleur |
56.500.000,- |
56.410.000,- |
||
Penyelenggaraan dan Pengadaan Sarana/Prasarana Upacara |
41.441.000,- |
41.441.000,- |
||
Penyelenggaraan Upacara/Hari besar Nasional |
67.112.500,- |
63.467.500,- |
||
Pemeliharaan Rutin/Berkala Rumah Dinas |
7,500,000,- |
6.469.500,- |
||
Pemeliharaan Rutin/Berkala Gedung/Lingkungan Kantor |
15.000.000,- |
13.693.000,- |
||
Pemeliharaan Rutin/Berkala Peralatan gedung kantor |
3.750.000,- |
3.450.000,- |
||
Rehabilitasi sedang/berat Gedung kantor |
47.990.000,- |
47.990.000,- |
||
Jumlah |
278.977.100,- |
264.527.600,- |
3. Program Peningkatan Disiplin Aparatur Rp.14.350.000,- terealisasi Rp.13.732.950,- (95,70%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
3 |
Program Peningkatan Disiplin Aparatur |
Pengadaan Khusus Hari-hari tertentu |
14.350.000,- |
13.732.950,- |
|
|
|
||
Jumlah |
14.350.000,- |
13.732.950,- |
4. Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan Rp.16.575.000,- terealisasi Rp.16.575.000,- (100%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
4 |
Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan |
Penyusunan Laporan Capaian Kinerja dan Ikhtisar Realisasi Kinerja SKPD |
11.800.000,- |
11.800,000,- |
Penyusunan Pelaporan Prognosis Realisasi Anggaran |
1,900.000,- |
1.900.000,- |
||
Penyusunan Pelaporan Keuangan Akhir Tahun |
2.875.000,- |
2.875.000,- |
||
Jumlah |
16,800,000,- |
16,800,000,- |
5. Program Perencanaan Anggaran SKPD Rp.19.500.000,- terealisasi Rp.19.500.000,- (100%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
5 |
Program Perencanan Anggaran SKPD |
Penyusunan Anggaran SKPD |
19.500.000,- |
19.500.000,- |
Jumlah |
19.500.000,- |
19.500.000,- |
6. Program Informasi Pembangunan Daerah Rp.,- terealisasi Rp.,- (0%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
6 |
Program Informasi Pembangunan Daerah |
Penyelenggaraan Pameran/Pegawai Pembangunan |
,- |
,- |
Jumlah |
,- |
,- |
7. Program Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Rp.78.399.000,- terealisasi Rp.77.968.000,- (99,45%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
7 |
Program Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa |
Pembinaan Tugas-tugas Kepala Desa/ Perbekel Lurah |
48.874.000,- |
48.793.000,- |
Bimbingan Teknis Penyusunan Peraturan Desa |
7.925.000,- |
7.925.000,- |
||
Bintek Penyusunan Laporan Pertanggung Jawaban Kades / Perbekel |
6.225.000,- |
6.225.000,- |
||
Pembinaan Pelaksanaan Pemilihan dan Pelantikan Perbekel |
7.650.000,- |
7.300.000,- |
||
Bintek Pelaksanaan Adm. Pemerintahan Desa / Kelurahan |
7.725.000,- |
7.725.000,- |
||
Jumlah |
78.399.000,- |
78.399.000,- |
8. Program Koordinasi Penyelenggaraan Peningkatan Pembangunan Desa Rp.60.538.600,- terealisasi Rp.56.623.100,- (93,53%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
8 |
Program Koordinasi Penyelenggaraan Peningkatan Pembangunan |
Pembinaan Lomba Desa/Kelurahan Terpadu |
31.774.000,- |
28.276.500,- |
Pelaksanaan Musyawarah Pembangunan Desa/Kelurahan dan Kecamatan |
10.765.000,- |
10.732.000,- |
||
Pendataan dan Evaluasi Swadaya Murni Masyarakat dan Proyek Masuk Desa/Kelurahan |
5.695.000,- |
5.495.000,- |
||
Penyusunan Profil Desa/Kelurahan dan Kecamatan |
6.254.600,- |
6.129.600,- |
||
Pembinaan LPM Desa/Kelurahan |
6,050,000,- |
5,990,000,- |
||
Jumlah |
58,138,600,- |
57,090,000,- |
9. Program Koordinasi Penyelenggaraan Peningkatan Linmas Rp.83.835.000,- terealisasi Rp.83.607.000,- (99,72%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
9 |
Program Koordinasi Penyelenggaraan Peningkatan Linmas |
Pengamanan dan Pengawasan Peraturan Daerah |
40.386.000,- |
40.386.000,- |
Pembinaan Linmas Hansip Desa/Kelurahan |
6,399,000,- |
6,379,000,- |
||
Pemantauan Ketentraman dan Ketertiban Wilayah |
31,000,000,- |
30.900,000,- |
||
Koordinasi Penanggulangan Bencana Alam |
6,050,000,- |
5,950,000,- |
||
Jumlah |
83.835.000,- |
83.607.000,- |
10. Program Koordinasi Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Rp.184.009.350,- terealisasi Rp.180.842.000,- (98,82%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
10 |
Program Koordinasi Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial |
Pembinaan dan Koordinasi Pelaksanaan Pelestarian Adat & Budaya |
136.234.350,- |
133.067.000,- |
Pembinaan Pemuda Olah Raga dan Lembaga Sosial Kemasyarakatan |
7.000.000,- |
7.000.000,- |
||
Koordinasi Pelaksanaan Lomba Kesejahteraan Sosial |
34.775.000,- |
34.775.000,- |
||
Koordinasi Pelaksanaan Perayaan Hari-Hari Nasional |
6.000.000,- |
6.000.000,- |
||
Jumlah |
184.009.350,- |
180.842.000,- |
11. Program Koordinasi Penyelenggaraan Peningkatan Pelayanan Rp.34.264.350,- terealisasi Rp.33.505.450,- (97,78%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
11 |
Program Koordinasi Penyelenggaraan Peningkatan Pelayanan |
Pembinaan Kebersihan dan Lingkungan Hidup |
23.365.100,- |
22.857.500,- |
Pembinaan Pelayanan Masyarakat dan Perijinan |
5.698.250,- |
5.572.950,- |
||
Pembinaan Inventarisasi Kekayaan Pemerintah Desa |
5,200,000,- |
5.075.000,- |
||
Jumlah |
34.264.350,- |
31,735,700,- |
||
|
|
Jumlah total |
1.301.600.000 |
1.247.867.003 |
2.3 Realisasi Program dan Kegiatan pada Tahun Anggaran 2014
PadaTahun Anggaran 2014 Pemerintah Kecamatan Gerokgak memiliki 10 program dan 48 kegiatan dengan Pagu Rp.1.665.125.000,- realisasi 1.649.962.730,- (99,08%) yang terdiri atas:
1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran dengan pagu anggaran Rp.572.734.400,- terealisasi Rp.565.516.580,- (98,73%), dengan rincian sebagai berikut:
No |
Program |
Uraian Kegiatan |
Pagu |
Realisasi |
1 |
Program Pelayanan Administrasi Perkantoran |
Penyediaan Jasa Surat Menyurat |
2.000.000,- |
2.000.000,- |
Penyediaan Jasa Komunikasi Sumber Daya Air dan Listrik |
30.140.000,- |
27.852.980,- |
||
Penyediaan Jasa Peralatan dan Perlengkapan Kantor |
78.000.000,- |
78.000.000,- |
||
Penyediaan Jasa Pemeliharaan dan Perijinan Kendaraan Dinas / Operasional |
1.750.000,- |
1.531.900,- |
||
Penyediaan Jasa Administrasi Keuangan |
192.210.000,- |
190.924.000,- |
||
Penyediaan Jasa Kebersihan Kantor |
49.121.700,- |
49.121.700,- |
||
Penyediaan Alat Tulis Kantor |
23.032.000,- |
23.032.000,- |
||
Penyediaan Barang Cetak dan Penggaandaan |
15.143.600,- |
15.143.600,- |
||
Penyediian Komponen Instalasi Listrik/Penerangan Bangunan Kantor |
11.637.300,- |
11.637.000,- |
||
Penyediaan Peralatan dan Perlengkapan Kantor |
88.322.000,- |
88.322.000,- |
||
Penyediaan Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang – undangan |
6.960,000,- |
6.180.000,- |
||
Penyediaan Makanan dan Minuman |
16.192.000,- |
16.120.000,- |
||
Rapat-rapat Koordinasi dan Konsultasi Keluar/ Dalam Daerah |
|