(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win Program Unggulan Tahap I Kabupaten Buleleng

Admin gerokgak | 06 Juli 2023 | 52 kali

Telah dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Masterplan terkait dengan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win Program Unggulan Tahap I pada tanggal 5-6 Juli 2023 yang bertempat di Hotel Banyualit, Kalibukbuk, Lovina. Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Pj. Bupati Buleleng dan dihadiri seluruh Dewan Smart City yang merupakan kepala SKPD se-Kabupaten Buleleng dan juga diikuti Tim Smart City Kabupaten Buleleng serta hadir juga Forkomdes, MDA, perwakilan BUMD, perwakilan UMKM dan juga perwakilan Akademisi Kabupaten Buleleng.

Pelaksanaan Bimtek Smart City dan Quick Win Program difasilitasi oleh Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng. Kabupaten Buleleng merupakan salah satu dari 50 Kabupaten/Kota yang terpilih untuk penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win Program karena melihat potensi yang dimiliki Kabupaten Buleleng. Dengan narasumber langsung dari Kominfo RI, Bimtek tahap I yang sudah terlaksana memberi pemahaman terkait perkembangan teknologi yang sudah semakin kuat, sehingga untuk menciptakan kawasan/wilayah yang lebih efektif dan efisien serta bisa menghadapi tantangan kedepan  dengan mengembangkan inovasi dan potensi yang ada, maka dari itu pengembangan Smart City atau kota cerdas ini sangat diperlukan.

Smart City ini terdiri dari beberapa aspek yaitu, Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, dan Smart Environment yang dimana saling berkaitan. Pelaksanaan Bimtek ini, rencananya akan dilaksanakan sebanyak 4 tahap dengan jadwal selanjutnya menyusul. Semoga dengan adanya Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win Program dapat menjadikan Buleleng kawasan yang mampu mengelola sumber dayanya secara efektif dan efisien untuk dapat menyelesaikan berbagai tantangan dengan solusi yang inovatif, terintegrasi dan berkelanjutan serta dapat menyediakan infrastruktur memberikan layanan-layanan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya.