(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Kunjungan Sistem Pengelolaan Air Kemasan

Admin gerokgak | 23 November 2021 | 122 kali

Selasa, 23 November 2021 Kasi Pembangunan I Ketut Widiada, SP bersama dengan Perbekel dan Ketua Bumdes Desa Tinga-tinga,  Pengulon, Sanggalangit, Banyupoh  dan Desa Pemuteran melaksanakan kunjungan kerja ke Bumdes Abdi Rahayu, Desa Yeh Embang Kangin, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana. 

Kegiatan diterima langsung oleh Perbekel Desa Yeh Embang Kangin I Gede Suardika bersama dengan Ketua Bumdes Abdi Rahayu Desa Yeh Embang Kangin. Kunjungan Kerja ini tidak lain adalah untuk mengetahui sistem pengelolaan air kemasan yang dilakukan oleh Bumdes di Desa Yeh Embang Kangin. Pengelolaan air bersih di Desa Yeh Embang dalam distribusinya menggunakan gaya gravitasi (tanpa pompa), dan pembagiannya ke masyarakat dengan sistem tembuku, sehingga air bisa terus mengalir selama 24 jam.

 Selain air bersih untuk MCK, Bumdes juga mengelola Air Minum Kemasan dengan Merk "AMARA", dimana baru ada dua produk kemasan yaitu dalam bentuk Cup dan Galon. Kapasitas produksi 150 s/d 250 dus perjam, dimana untuk saat ini produksi perbulan baru mencapai 5000 dus . Harga di produsen perdus air minum kemasan yaitu rp11.000, sedangkan untuk yang galon rp6.000 pergalon. Dalam kunjungan ini rombongan juga diajak melihat penampungan air di reservoir dan juga melihat proses produksi di pabrik pengemasan, dimana biaya pembuatan pabrik air minun kemasan dengan model seperti di Desa Yeh Embang Kangin biaya berkisar 1,5Milyar untuk Pabrik, Bangunan dan perijinan, 500jt untuk operasional yang   bersumber dari APBDes dan Bantuan dari APBD Pemerintah Kabupaten Badung.