(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Kebakaran Hutan di Areal Pura Batu Kursi Desa Pemuteran

Admin gerokgak | 12 Juli 2023 | 78 kali

Kepala Seksi Linmas Trantib dan Polpp Kecamatan Gerokgak I Ketut Mastra Atmaja,S.Pd bersama Anggota serta Bapak Danramil 1609-08/Gerokgak, Bhabinkamtibmas,  Polhut, BPBD kab Buleleng, dan Pengempon Pura Bukit meninjau Lokasi Kebakaran Hutan di sekitar areal Pura Batu Kursi, Rabu (12/07).

Meninjau situasi kawasan kebakaran di perbukitan pemuteran, dari pengamatan dan pemantauan titik api berada awal dari puncak bukit dan kebakaran meluas sampai ke bawah kaki bukit dan di bawah areal pura batu kursi.

Berdasarkan update saat ini, pihak Pengempon Pura Batu Kursi yang didampingi Kelihan Adat Pemuteran kebakaran lahan api sudah dapat dipadamkan pada pukul. 03.00 wita dan diketahui luas daerah yang terbakar sekitar Kurang Lebih 2 hektar dan mengalami beberapa kerusakan antara lain:

a. Pipa air menuju pura batu kursi dan 1 buah Tower Penampungan Air terbakar 

b. 1 Wastra pelinggih batu dan Wastra pelinggih pengayatan dan 1 tedung

c. kabel listrik untuk penerangan pura batu kursi yang ada diatas 

d. Kre/tikar lantai 2 buah 

e. Tempat Sampah 2 buah

Selain Melaksanakan Peninjauan Lokasi Kebakaran di Pura Batu Kursi desa Pemuteran Kepala Seksi Linmas Trantib dan Polpp serta anggota melaksanakan  kegiatan Sosialisasi dan Koordinasi  ke warga yang tinggal di daerah rawan kebakaran dan aktivitas kebersihan yang rawan memicu kebakaran. 

selain itu Seksi Kebersihan yang ada di areal pulaki, melanting dan kerta kawat  juga disampaikan hal yang sama jika melakukan Pembakaran sampah/canang serta daun yang kering dan sejenisnya diharapkan untuk mengumpulkan dan membuang pada TPA yang sudah dibuat, supaya sampah yang dibakar tidak merembet ke areal hutan, hal tersebut bisa memicu dari percikan api sehingga mengakibatkan kebakaran lahan hutan dan dahan yg kering.