(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Pembinaan UKS Tahap II Tingkat Kecamatan Gerokgak

Admin gerokgak | 18 April 2024 | 81 kali

Pada Hari Kamis, 18 April 2024, pukul 09.00 WITA, Seksi Sosial dan Budaya melaporkan kegiatan yang berlangsung di SDN 2 Pemuteran, yaitu Pembinaan UKS Tahap II Tingkat Kecamatan Gerokgak. Acara tersebut dihadiri oleh Tim Pembina UKS Kecamatan Gerokgak, Perbekel Pemuteran yang juga merupakan Pembina Tim Pelaksana UKS SDN 2 Pemuteran, serta Warga Sekolah Binaan. Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan untuk pembinaan yang lebih besar yang direncanakan oleh Tim Pembina UKS Kabupaten Buleleng pada bulan Mei 2024.

Kegiatan dimulai dengan tinjauan lapangan di beberapa indikator penting, termasuk peninjauan Taman Obat Sekolah (TOS), Kantin Sekolah, Toilet, serta pengecekan administrasi umum. Evaluasi dilakukan dengan pembukaan oleh Bapak I Wayan Gawatra,S.Pd selaku Tim Pelaksana UKS SDN Pemuteran, dilanjutkan dengan penyampaian apresiasi oleh I Made Suardana sebagai anggota Tim UKS Kecamatan Gerokgak. Dalam arahannya, disampaikan pentingnya agar setiap pemegang indikator memahami tugas mereka dan segera menindaklanjuti hasil pembinaan hari itu demi penerapan program kerja UKS, yaitu TRIAS UKS.

Ni Luh Manik,S.Sos menyampaikan mengenai indikator administrasi yang harus diperhatikan dan dilengkapi, termasuk Struktur Tim Pelaksana, Program Kerja UKS, Inventaris Ruang UKS, dan aspek lainnya. Tim UKS Kecamatan dari unsur Puskesmas Gerokgak 2 juga memberikan informasi tentang pentingnya Praktik Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta kriteria kantin sekolah yang sehat, termasuk larangan menjual makanan yang mengandung Pengawet, Penyedap, Pewarna, Pemanis, dan Pengenyal (5P).

Selain itu, Ruang UKS di SDN 2 Pemuteran sudah ada, namun sarana yang diperlukan belum tertata dengan baik. Nyoman Arnawa, selaku Pembina Tim Pelaksana UKS, menyampaikan bahwa Pemdes Pemuteran akan memberikan bantuan sarana berupa tempat sampah untuk mendorong peningkatan derajat kesehatan di lingkungan sekolah SDN 2 Pemuteran. Semua ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas dan keberlanjutan program UKS di sekolah tersebut.