(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Rakor Persiapan Pelaksanaan Malam Takbiran dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Admin gerokgak | 27 April 2022 | 96 kali

Dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Pemerintah Kecamatan Gerokgak dalam hal tersebut melaksanakan Rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Malam Takbiran dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, di Ruang Rapat Niti Sabha Kantor Camat Gerokgak, rabu (27/04/2022).


Rakor dibuka oleh Camat Gerokgak Made Juartawan, S.STP, MM., yang dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas kesediaan untuk hadir pada rakor hari ini. Dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H agar berpedoman pada Surat Edaran Nomor Se. 08 Tahun 2022 Tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Pada Bulan Ramadan Dan Idul Fitri Tahun 1443 H/2022 M, yang salah satu ketentuannya :

1. Umat Islam melaksanakan ibadah Ramadan dan Idul Fitri sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

2. Umat Islam dianjurkan untuk mengisi dan meningkatkan amalan pada bulan Ramadan, seperti salat tarawih, iktikaf, tadarus AlQur’an, pengajian, zakat, infak, sedekah, dan wakaf dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

3. Dalam penyelenggaraan ibadah Ramadan dan Idul Fitri, pengurus dan pengelola masjid/musala memperhatikan Surat Edaran Menteri Agama mengenai pelaksanaan kegiatan peribadatan/keagamaan di tempat ibadah pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat sesuai dengan status level wilayah masing-masing dan menerapkan protokol kesehatan.

4. Salat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H/2022 M dapat dilaksanakan di masjid atau di lapangan terbuka dengan memperhatikan protokol kesehatan.


Dari hasil rakor disepakati pada perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 H agar menerapkan prokes yang ketat dan diperbolehkan untuk melaksanakan Malam Takbiran di wilayah Desa dengan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Pemerintah Desa.


Hadir, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Gerokgak, Forum Ta’mir Masjid Se-Kecamatan Gerokgak, FKUB Kecamatan Gerokgak, KUA Kecamatan Gerokgak, MUI Kecamatan Gerokgak, Perbekel Se-Kecamatan Gerokgak, Majelis Desa Adat Kecamatan Gerokgak, Kelian Desa Adat Se-Kecamatan Gerokgak, MWC-NU Kecamatan Gerokgak, PC Muhammadyah Kecamatan Gerokgak.