(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Mini Lokakarya Stunting

Admin gerokgak | 10 Oktober 2023 | 84 kali

Telah berlangsung kegiatan Mini Lokakarya terkait percepatan penurunan stunting pada hari Selasa (10/10/2023) yang berlangsung di Balai Penyuluh KB Kecamatan Gerokgak. Kegiatan ini dihadiri oleh Plt. Kasi Pembangunan Kecamatan Gerokgak, Koordinator PLKB Kec. Gerokgak dan undangan lainnya yang terkait.

Pada kesempatan itu dibahas terkait langkah-langkah yang telah dilakukan dan membahas langkah kedepan yang akan dilakukan berkaitan dengan percepatan penurunan stunting. Adapun yang menjadi target verifikasi dan validasi di wilayah Kecamatan Gerokgak ada 10 Desa, namun pada kesempatan ini yang menjadi fokus pembahasan adalah 2 Desa (Desa Banyupoh dan Desa Pemuteran). Hasil dari pendampingan yang telah dilakukan di Desa target adalah sebagai berikut, Catin dengan jumlah 23, selanjutnya Ibu Nipas jumlah 76 dengan ada 3 yang beresiko stunting, serta ada Balita + Baduta jumlah 181 dengan adanya Balita 5 beresiko stunting dan Baduta 5 beresiko stunting.

Dari hasil diskusi, hal yang masih menemui kendala adalah terkait Calon Pengantin yang belum semua bisa mendapat pendampingan, oleh karenanya perlu dukungan dari Desa Dinas dan Desa Adat terkait hal tersebut. Terutama perlu adanya sosialisasi kepada remaja putri.

Selain itu dengan dilaksanakannya kegiatan stunting ini agar dapat menggali permasalahan terkait stunting di wilayah kerja kecamatan, serta untuk mencari solusi dan juga mengkomunikasikan program-program dan kegiatan yang sedang dan akan dilakukan terkait permasalahan stunting.