(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Survei Cakupan Vaksinasi COVID-19

Admin gerokgak | 18 Maret 2022 | 101 kali

Sekretaris Camat Gerokgak I Ketut Arya Negara,S.Sos., menghadiri Sosialisasi dan Koordinasi Pelaksanaan Survei Cakupan Vaksinasi COVID-19, yang dilangsungkan secara daring melalui zoom meeting, di ruang kerja Sekretaris Camat Gerokgak, jumat (18/03/2022).


Sosialisasi dibuka oleh Dekan FK Unud, Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan sosialisasi dan koordinasi kepada para pemangku kebijakan, terkait:

1. Koordinasi pelaksanaan kegiatan penelitian cakupan vaksinasi COVID-19 di Provinsi Bali.

2. Mendapatkan data cluster rumah tangga untuk sampel yang akan diwawancarai.


Berkaitan dengan upaya pemerintah untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata, pemerintah Provinsi Bali telah menyiapkan tiga desa yaitu Nusa Dua (Kabupaten Badung), Sanur (Kota Denpasar) dan Ubud (Kabupaten Gianyar) sebagai wilayah prioritas untuk segera dibuka untuk pariwisata internasional apabila situasi COVID-19 dapat dikendalikan. Untuk mendorong tujuan tersebut, pemerintah Provinsi Bali melakukan program vaksinasi massal mulai Januari 2021. Pada akhir Agustus 2021, beberapa kabupaten di Bali melaporkan cakupan vaksinasi melebihi 100%. Namun, data cakupan berdasarkan laporan program dan temuan hasil survei cepat sangat timpang. Kondisi ini menimbulkan pertanyaan berkaitan dengan cakupan vaksinasi COVID-19 sesungguhnya. Untuk menjawab berbagai pertanyaan yang timbul berkaitan dengan cakupan vaksinasi COVID-19, maka dari itu dirancang penelitian dengan judul Survey of COVID-19 Vaccination Coverage In Bali Province yang dapat menyediakan data berkaitan dengan cakupan vaksinasi COVID-19 di Provinsi Bali.


Untuk memperlancar kegiatan penelitian ini, yang akan dilaksanakan di 315 banjar terpilih yang ada di wilayah 9 kabupaten/kota di Provinsi Bali, maka perlu dilakukan koordinasi dengan stakeholder terkait untuk menyampaikan secara langsung informasi lengkap terkait penelitian ini. Demikian yang dapat disampaikan.