(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Berita Hoax 21 Mei 2021

Admin gerokgak | 25 Mei 2021 | 571 kali

Berita hoax yang selama ini beredar begitu masif sehingga Pemerintah Kabupaten Buleleng berusaha mengurai dan mengcounter berita hoax tersebut, melalui tim CIRT Kabupaten Buleleng berhasil mengcounter beberapa berita hoax pada tanggal, 21 Mei 2021 terdiri dari : 

 

Hoax

Gejala Baru pada Virus Covid-19 yang Bermutasi

Penjelasan :

Beredar sebuah pesan berantai di media sosial WhatsApp yang menyebut virus Covid-19 yang sudah bermutasi memiliki gejala-gejala yang unik, tidak menimbulkan panas namun menyerang langsung ke paru-paru pasien. Disebutkan juga bahwa tes-tes yang ada seperti rapid, swab antigen maupun swab PCR tidak dapat mendeteksi virus varian baru tersebut dan hanya LDCT (low dose CT Scan paru) yang bisa mendeteksinya.

Dikutip dari Liputan6.com, unggahan yang mengklaim ada gejala baru pada virus Covid-19 yang sudah bermutasi belum terbukti. Hal itu diungkapkan oleh dr. RA Adaninggar, SpPD.  Ia menjelaskan belum ada bukti ilmiah terkait gejala baru pada virus Covid-19 yang sudah bermutasi. Menurutnya, virus Covid-19 memang telah bermutasi dan lebih menular tetapi gejalanya masih sama. Hingga saat ini pun varian virus Covid-19 masih bisa terdeteksi PCR. Hal senada juga disampaikan oleh dr. Muhamad Fajri Adda'i. Ia menyebut hingga kini belum ada di jurnal manapun terkait perbedaan gejala dari varian virus Covid-19. Bukti ilmiah yang ada adalah varian-varian yang ada sekarang memang lebih cepat menular atau bisa masuk sel lebih cepat.

 

Disinformasi

Video Kedatangan Tentara Indonesia di Palestina

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang menunjukan TNI sedang mengendarai mobil tank milik PBB.  Video tersebut disertai narasi “Kedatangan tentara Indonesia di Palestina”. Setelah dilakukan penelusuran, klaim kedatangan TNI di Palestina tersebut adalah tidak benar. Faktanya, video tersebut bukan diambil di Palestina, melainkan di Lebanon. Video tersebut merupakan video peliputan Gadir Hamed (Jurnalis Lebanon) yang sedang mengikuti kegiatan TNI dalam menjalankan misi perdamaian di Lebanon.