(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Sosialisasi Dan Bimtek Percepatan Transformasi Digital Desa

Admin gerokgak | 18 Oktober 2022 | 39 kali

Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Gerokgak I Putu Partha beserta Staf mengikuti Sosialisasi dan Bimtek Percepatan Transformasi Digital Desa melalui Prodeskel, Siskeudes, Sipades, dan Sideka yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri bersama Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika secara virtual, pada selasa 18 Oktober 2022. 

Pada sosialisasi hari pertama ini, dibahas terkait Layanan Sistem Informasi Desa dan Kawasan-New Generation (Sideka-NG), dimana Sideka-NG merupakan aplikasi yang membantu pengelolaan layanan publik serta pemerintahan secara digital bagi tingkat desa dan kecamatan. Sideka-NG ini adalah implementasi dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). 

Ada dua modul utama dalam aplikasi Sideka generasi terbaru diantaranya modul pertama adalah Layanan Desa, sementara modul kedua adalah Website Desa. Nantinya, proses implementasi Sideka-NG oleh desa-desa di seluruh Indonesia juga akan dibantu oleh sejumlah kementerian yaitu Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes), dan Satu Data Indonesia. Acara dilanjutkan bimbingan teknis terkait aplikasi website desa oleh Tim Teknis Direktorat LAIP dan Kominfo.