(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Tim Pembina Posyandu Kecamatan Gerokgak Hadiri Rapat Koordinasi Pelaksanaan Posyandu 6 SPM

Admin gerokgak | 15 Desember 2025 | 31 kali

Petandakan, Senin (15/12/2025) — Fungsional Umum Seksi Sosial Budaya Kecamatan Gerokgak, Ni Luh Manik, S.Sos., yang juga selaku Tim Pembina Posyandu Kecamatan Gerokgak, menghadiri Rapat Koordinasi Pelaksanaan Posyandu 6 Standar Pelayanan Minimal (SPM). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Rumah Plastik Mandiri Desa Petandakan.

Rapat dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Buleleng dengan menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta serta pengenalan Tim Posyandu Kabupaten Buleleng. Dalam kesempatan tersebut disampaikan harapan agar masing-masing SKPD dapat menyampaikan dan menyinergikan program kerja terkait pelaksanaan Posyandu 6 SPM yang meliputi bidang kesehatan, pendidikan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat, dan bidang sosial.

Dalam rapat tersebut juga disampaikan rencana pelaksanaan bimbingan teknis (Bimtek) Posyandu 6 SPM yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2026 di tingkat kecamatan oleh Tim Posyandu Kabupaten. Bimtek tersebut diharapkan diikuti oleh Tim Pembina Posyandu Kecamatan serta Kasi yang menangani Posyandu.

Selain itu, disampaikan pula agar Perbekel dapat menganggarkan kebutuhan bidan desa bagi desa yang hingga saat ini belum memiliki bidan desa. Selanjutnya, direncanakan pelaksanaan Bimtek Posyandu 6 SPM di tingkat desa pada bulan Mei hingga Juni 2026, yang sebelumnya akan diawali dengan kegiatan sosialisasi melalui Zoom Meeting.

Adapun data Posyandu di Kecamatan Gerokgak, yaitu jumlah Tim Pembina Posyandu Kecamatan sebanyak 27 orang, Tim Pembina Posyandu Desa sebanyak 229 orang, jumlah Posyandu sebanyak 81 unit, serta jumlah kader Posyandu sebanyak 637 orang.

Melalui rapat koordinasi ini diharapkan pelaksanaan Posyandu 6 SPM di Kecamatan Gerokgak dapat berjalan optimal, terkoordinasi, dan mampu meningkatkan kualitas pelayanan dasar kepada masyarakat.