(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Berita Hoax 19 Mei 2021

Admin gerokgak | 24 Mei 2021 | 287 kali

Berita hoax yang selama ini beredar begitu masif sehingga Pemerintah Kabupaten Buleleng berusaha mengurai dan mengcounter berita hoax tersebut, melalui tim CIRT Kabupaten Buleleng berhasil mengcounter beberapa berita hoax pada tanggal, 19 Mei 2021 terdiri dari :

 

Hoax

Benda Bermagnet Bisa Menempel di Lengan Penerima Vaksin Corona

Penjelasan :

Beredar unggahan yang memperlihatkan benda bermagnet menempel di lengan penerima vaksin Corona. Pengunggah video tersebut mengaku telah disuntik vaksin Corona P?zer dan mengklaim bahwa suntikan vaksin Corona mengandung microchip hingga akhirnya membuat benda bermagnet menempel.

Dikutip dari laman Kumparan.com yang mengutip dari Factcheck.org, Profesor dari Tulane University School of Medicine, Lisa Morici mengatakan bahwa kandungan microchip dalam vaksin hanyalah mitos. Sehingga, narasi yang mengklaim bahwa lengan penerima vaksin bisa menempel dengan benda bermagnet karena adanya kandungan microchip adalah hoaks. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa bahan vaksin dengan teknologi mRNA seperti RNA/DNA, lipid, protein, garam, dan gula.

 

Hoax 

Undian Hadiah "40th anniversary celebration" PT. Pertamina (Persero)

Penjelasan :

Telah beredar sebuah pesan berantai dengan membagikan beberapa link yang diklaim sebagai informasi pembagian hadiah dalam rangka "40th anniversary celebration" PT. Pertamina (Persero).

Faktanya, informasi pesan berantai yang disampaikan pada beberapa link yang mengatasnamakan PT. Pertamina (Persero) tersebut adalah tidak benar, bahkan dapat dikategorikan sebagai tindakan penipuan yang bisa membahayakan data pribadi setiap orang yang mengakses link tersebut. Pjs. Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman menegaskan agar masyarakat waspada terhadap penipuan undian yang mengatasnamakan Pertamina, baik yang disampaikan melalui WhatsApp, SMS maupun E-mail. Fajriyah Usman menyampaikan bahwa seluruh program promosi Pertamina disampaikan melalui saluran komunikasi resmi perusahaan yakni website pertamina.com, akun sosial media @pertamina.com serta aplikasi resmi MyPertamina.