(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Sosialisasi Pendaftaran SNI CHSE dari Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng

Admin gerokgak | 07 November 2022 | 42 kali

Kepala Seksi Pelayanan Administrasi Terpadu Made Pasek Widiana,S.Si manghadiri acara Sosialisasi Pendaftaran SNI CHSE dari Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng bertempat di Ruang Rapat Kantor Camat Gerokgak. Senin 07 Nopember 2022.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) menetapkan SNI CHSE di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.  Sertifikat SNI CHSE diberikan kepada usaha pariwisata, usaha/fasilitas lain terkait pariwisata, serta destinasi pariwisata yang telah memenuhi kriteria dan indikator pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan sesuai SNI 9042:2021.

Berkaitan dengan ada program gratis pendaftaran SNI CHSE dari Kemenparekraf bagi pelaku usaha mikro/kecil dari jenis usaha Pondok Wisata, Daya Tarik Wisata, Restoran/Rumah Makan, Tempat Penjualan Cinderamata dan oleh-oleh, Area Permainan, serta Homestay/Villa sehingga Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng melaksanakan sosialisasi.

Sertifikasi SNI CHSE ini berfungsi sebagai jaminan kepada wisatawan dan masyarakat bahwa produk dan pelayanan yang diberikan sudah memenuhi protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan. Disamping itu usaha tersebut akan terdaftar secara otomatis di laman website chse.kemenparekraf.go.id sehingga pelaku usaha mikro/kecil dari jenis usaha Pondok Wisata, Daya Tarik Wisata, Restoran/Rumah Makan, Tempat Penjualan Cinderamata dan oleh-oleh, Area Permainan, serta Homestay/Villa lebih berpeluang apabila ada bantuan dan dibantu untuk promosi/pemasaran.