(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Pembagian BLT-DD Bulan Juli 2024 Sekaligus Musdes

Admin gerokgak | 12 Juli 2024 | 16 kali

Jumat, 12 Juli 2024, Pemerintah Desa Celukan Bawang menyelenggarakan kegiatan Pembagian BLT-DD untuk bulan Juli 2024 sekaligus Musdes Penyusunan RKPDesa Tahun 2025, Perubahan RKPDesa Tahun 2024, dan penyusunan RPJMDesa akibat perpanjangan Perbekel yang terlaksana di Aula Kantor Desa Celukanbawang dan si hadiri oleh Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Gerokgak I Putu Partha.

Pada penyaluran BLT-DD disampaikan kepada seluruh KPM bantuan yang diterimanya agar dimanfaatkan baik khususnya untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari yaitu untuk membeli beras dan lauk pauknya, adapun jumlah KPM sebanyak 30 orang dengan besaran Rp300.000/bulan.


Kemudian dilanjutkan dg Musdes Penyusunan RKPDesa Tahun 2025, Perubahan RKPDesa Tahun 2024, dan penyusunan RPJMDesa akibat perpanjangan Perbekel. 

Musdes dibuka oleh anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) selaku pembawa acara. Acara dilanjutkan dengan kata pengantar dari Ketua BPD, yang menyampaikan bahwa sesuai dengan peraturan yang berlaku, penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2025 dimulai pada bulan Juli. Tahap awalnya adalah persiapan penyusunan RKPDes yang meliputi pembentukan Tim Penyusun, yang terdiri dari minimal 7 orang. Anggota tim ini diambil dari unsur Perbekel, Perangkat Desa, Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD), Lembaga Adat Desa (LAD), dan perwakilan masyarakat. Selain itu, dibentuk pula Tim Verifikasi yang anggotanya berasal dari LKD, LAD, dan perwakilan masyarakat. Ketua BPD juga menyampaikan pokok-pokok pikiran terkait program kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2025, terutama di bidang Pembangunan Desa, Pemberdayaan Masyarakat, Pembinaan Kemasyarakatan, dan Bidang Kebencanaan.

Selanjutnya, pemaparan dari Perbekel yang dibacakan oleh Sekretaris Desa (Sekdes) mengenai program kegiatan yang telah dan belum dilaksanakan sesuai dengan program yang tercantum dalam APBDesa dan RKPDesa Tahun 2024. Pemaparan ini mencakup bidang Pemerintahan Desa, Pembangunan Desa, Pemberdayaan Masyarakat, Pembinaan Kemasyarakatan, serta Bidang Kedaruratan Keadaan Mendesak dan Bencana Alam.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab terkait program kegiatan yang diusulkan oleh peserta Musdes untuk tahun 2025.