(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Pembinaan Kepemudaan Dan Olahraga Kabupaten Buleleng

Admin gerokgak | 15 Juli 2022 | 87 kali

Pembinaan kepemudaan dan olahraga Kabupaten Buleleng yang dilaksanakan di Ruang Rapat Niti Sabha Kecamatan Gerokgak pada kamis 15 Juli 2022.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kasi Sosial Budaya Kecamatan Gerokgak I Made Suardana, Kasi Bagian Kesra Setda Kabupaten Buleleng menyampaikan tujuan diadakannya pembinaan ini adalah untuk penguatan suatu organisasi karang taruna dan truna truni (yowana) yang ada di desa.

Pemberian materi pada hari ini perwakilan dari Dinas Sosial (Arya Suarnata) dengan paparan terkait pengetahuan dasar organisasi, manfaat organisasi dan konsep bertahan dalam organisasi yang terdiri dari payah,  ngayah, layah dan mayah. Secara eksplisit pada pasal 1 angka 1 UU nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan memuat pengertian pemuda.

Selanjutnya pemberian materi dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng tentang peranan pemuda dalam pembangunan substansi kepemudaan dan tujuan dibentuknya organisasi kepemudaan, menurut UU No. 40 tahun 2009 tentang pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 s/d 30 tahun, tujuan dari pembinaan dan pelatihan organisasi kepemudaan ini agar memiliki rasa kebangsaan yang tinggi sebagai rakyat/warga masyarakat,  mampu membangun pola pikir maju.

Turut hadir Bagian Kesra Setda Kabupaten Buleleng, Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Karang Taruna Desa Gerokgak,  Penyabangan, Pemuteran, Pejarakan, dan Sumberklampok, STT Desa Sanggalangit,  Banyupoh,  dan Desa Pejarakan.