(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Workshop IVA Test Dan Sadanis

Admin gerokgak | 30 November 2022 | 92 kali

Rabu 30 November 2022 bertempat di Hotel Bali Taman Singaraja diselenggarakan Workshop IVA test dan Sadanis, dan dihadiri oleh Anggota TP PKK Kecamatan Gerokgak Ketut Sumitri,SE.

Workshop dibuka oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, beliau menyampaikan sambutan Bapak Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng dimana tujuan dari workshop Iva Test dan Sadanis ini untuk Pencegahan dan Pengendalian Kanker terutama Kanker serviks (kanker leher rahim) dan kanker payudara yang merupakan jenis kasus kanker yang paling banyak dilaporkan dan menjadi penyebab kematian terbanyak pada perempuan usia produktif. 

Dilanjutkan dengan pemaparan program penanggulangan kanker leher rahim dan kanker payudara oleh Bapak I Gusti Komang Sri Dana. SKM,M.Kes selaku Koordinator Unit Substansi pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa Dinas Kesehatan Provinsi Bali

Disampaikan bahwa Kanker serviks (kanker leher rahim) dan kanker payudara  ini pada stadium awal seringkali tidak bergejala, namun apabila dibiarkan akan menimbulkan komplikasi dan kemungkinan sembuhnya semakin kecil, itu sebabnya perlu dilakukan deteksi dini agar perempuan yang terkena kanker serviks dan payudara bisa cepat diketahui sakitnya dan bisa cepat mendapatkan penanganan.

Tes IVA atau Inspeksi Visual Asetat merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim. Sedangkan Sadanis atau pemeriksaan payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan (nakes) terlatih.

Disampaikan untuk TP. PKK Kecamatan agar berkoordinasi dengan Tenaga Kesehatan yang ada wilayah masing-masing dan menyampaikan pula kepada TP. PKK desa agar mengaktifkan kader IVA TEST sehingga di tahun 2023 pencapaian sasaran meningkat.