(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Camat Gerokgak Hadiri Tradisi Wanara Laba di Pura Agung Pulaki

Admin gerokgak | 17 Oktober 2024 | 23 kali

Gerokgak - Camat Gerokgak, I Gd Arya Rimbawa Giri, S.IP., M.AP., menghadiri tradisi Wanara Laba yang dilaksanakan dalam rangka persiapan Pujawali di Pura Agung Pulaki lan Pura Pesanakan Ida, Selasa (17/10). Acara Wanara Laba ini merupakan serangkaian pujawali yang rutin dilaksanakan saat pujawali di Pura Pulaki. Tradisi ini sebagai ungkapan syukur atas anugrah kesejahteraan yang diberikan kepada umat manusia, mengingat keberadaan wanara yang banyak di sekitar area pura tradisi ini juga dilakukan untuk menjaga keharmonisan antara manusia dan alam, serta memastikan jalannya upacara Pujawali berjalan dengan lancar dan khidmat.

Selain menghadiri tradisi Wanara Laba, Camat Gerokgak bersama Ibu juga melaksanakan upacara Mejaya-jaya, sebagai bentuk doa dan permohonan keselamatan sebelum upacara dimulai. Kehadiran Bapak Camat dalam acara ini menunjukkan dukungan penuh dari Pemerintah Kecamatan Gerokgak terhadap pelestarian tradisi dan kegiatan keagamaan yang ada di wilayahnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan upacara Pujawali di Pura Agung Pulaki lan Pura Pesanakan Ida dapat berlangsung dengan baik, tanpa gangguan, serta memberikan keberkahan bagi seluruh umat yang hadir.