(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Workshop Penganggaran Responsif Gender (PPTG

Admin gerokgak | 18 April 2023 | 57 kali

Kasubag Perencanaan, Ni Made Ayu Rai Kusuma Dewi,SS menghadiri acara Workshop Penganggaran Responsif Gender (PPTG) dalam rangka penguatan PUG di Buleleng bertempat di Gedung Tourism Information Center Pantai Penimbangan Singaraja, Selasa (18/4).


acara Workshop Penganggaran Responsif Gender (PPTG) dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Buleleng yang dilanjutkan dengan Pengarahan dari Sekda Kabupaten Buleleng Gede Suyasa mengatakan bahwa sesungguhnya yang dicari dari PUG ini adalah keadilan antara laki-laki dan perempuan yang menempatkan keseimbangan antara kedua belah pihak.


Sementara itu, Ketua Pokja PUG  Kabupaten Buleleng Putu Ayu Reika Nurhaeni menyampaikan kegiatan workshop ini merupakan implementasi Inpres Nomor 9 Tahun 2000 tentang pengarusutamaan gender dalam pembangunan dan Permendagri Nomor 67 Tahun 2011 tentang pedoman pelaksanaan Perencanaan Penganggaran Pengawasan dan Evaluasi yang Responsif Gender (PPRG). Untuk itu Kabupaten Buleleng mewujudkan keseriusannya dalam pelaksanaan PUG dengan mengeluarkan Perda Kabupaten Buleleng Nomor 2 Tahun 2021 tentang PUG serta terbentuknya Pokja yang beranggotakan seluruh SKPD. Dalam perencanaan PUG diintegrasikan pada dokumen RPJMD maupun RKPD karena PUG merupakan salah satu cross cutting issue yang diemban oleh seluruh SKPD. "Melalui analisa gender akan menghasilkan dokumen Gender Budget Statement (GBS) yang dilampirkan pada RKA SKPD guna memastikan bahwa program kegiatan tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat laki-laki perempuan lansia anak-anak dan disabilitas. 


Terakhir, Reika Nurhaeni mengatakan workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan bagi para perencana/focal point gender di SKPD lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng dalam menyusun PPRG dalam program kegiatan SKPD.