(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Penguatan Upaya Pelayanan Kesehatan Reproduksi Catin Bagi LP/LS Rumah Sakit Rujukan, LSM dan Organisasi Profesi

Admin gerokgak | 20 Mei 2024 | 41 kali

Penggerak Swadaya Masyarakat Kecamatan Gerokgak Ni Made Erlina Dwi Utami,S.E,m menghadiri kegiatan Penguatan Upaya Pelayanan Kesehatan Reproduksi Calon Pengantin bagi LP / LS, Rumah Sakit Rujukan, LSM dan Organisasi Profesi yang terlaksana di Ruang Pertemuan Hotel Aneka Lovina. Senin, 20 Mei 2024.

Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Kabid KesMas, Perwakilan dari Dinas KBPPPA Kabupaten Buleleng, Perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Buleleng, perwakilan Camat se Kabupaten Buleleng, Penyuluh Multi Agama serta undangan lainnya. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari. Adapun untuk materi hari pertama dapat kami sampaikan sebagai berikut :

1. Sambutan sekaligus membuka acara oleh Bapak Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng Bapak Gede Suratanaya, SKM. Beliau menyampaikan latar belakang kegiatan ini yaitu selama ini hanya fokus ke hilir ( ibu hamil dan bayi) sehingga perlu adanya pengerjaan di hulu  yaitu bagaimana remaja, calon pengantin (Catin) mendapatkan edukasi tentang kesehatan reproduksi. Sehingga butuh dukungan  lintas sektoral untuk membangun bersama2 meningkatkan kesehatan ibu hamil, bayi baru lahir, remaja serta Catin.

2. ?Pemaparan dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali yang diwakili oleh Analis Kesehatan Ibu A.A Ayu Wahyu Primaningrum terkait Kegiatan Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Reproduksi Bagi Catin. Dalam pemaparannya dijelaskan arah kebijakan RPJMN 2020 - 2024 ditekankan pada penurunan angka kematian ibu dan Bayi, serta penurunan Stunting. Angka kematian Ibu dan anak baru lahir serta stunting pada anak dapat dicegah sebelum ibu hamil, sehingga diperlukan upaya upaya dalam pencegahan tersebut seperti edukasi gizi, edukasi reproduksi pada remaja putri, Catin dan pasangan usia subur tentang perencanaan kehamilan yang sehat,  deteksi dini, skrining kesehatan, dan juga pelayanan kesehatan. Diharapkan bagi Catin untuk mendowload aplikasi Kescatin, diaplikasi tersebut  sudah tersedia buku saku tentang kesehatan reproduksi calon pengantin, serta skrining layak hamil dan cek siap kehamilan ( disediakan kuesioner interaktif cek kesiapan kehamilan)

3. ?Pemaparan dari MDA Kabupaten Buleleng yang diwakili oleh Penyarikan Madya Bapak I Nyoman Westha, SPd, MPd terkait dengan wewenangan dan peran MDA Kabupaten Buleleng dalam pelayanan “Catin” dan Kesehatan.