(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Pembinaan Pemilahan Sampah Berbasis Sumber

Admin gerokgak | 10 Mei 2022 | 80 kali

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng Gede Agus Ngurah Suryawan, S.Sos. dan Direktur BSI E-Darling Kabupaten Buleleng Ketut Witana, S.Sos.didampingi Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Gerokgak I Ketut Widiada,S.P., menghadiri rangkaian acara Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tahun 2022 di Desa Sanggalangit, selasa (10/5/2022).


Acara dilaksanakan di Balai Kelompok Ternak Sawitra Tani Dusun Tukad Pule, Desa Sanggalangit, dan dipandu oleh Perbekel Sanggalangit Nyoman Sudika dengan agenda kegiatan pembinaan pemilahan sampah berbasis sumber.


Pengelolaan sampah, terutama sampah rumah tangga, haruslah dimulai dari rumah, dengan cara memilah sampah dari sumbernya (rumah tangga). Pemilahan dikelompokkan sampah organik, sampah plastik, dan sampah residu. Sampah plastik dapat dijual melalui bank sampah yang sudah ada di desa. Sampah yang tidak bisa dibeli yaitu jenis sampah residu antara lain, plastik metalising, pecahan beling, pembalut wanita. Sampah jenis ini sebaiknya dikirim ke TPA.


Turut hadir, Fungsional penggerak swadaya masyarakat Dinas PMD dan rombongan, Perwakilan masyarakat Tempek VI Sanggalangit.