(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Rapat Pembinaan Penyusunan RKPDes 2023 Dan Pelaksanaan Pelaporan Musrenbang Desa

Admin gerokgak | 31 Agustus 2022 | 43 kali

Rapat Pembinaan Penyusunan RKPDes 2023 dan Pelaksanaan Pelaporan Musrenbang Desa hari ini terlaksana di Ruang Rapat Kantor Desa Pengulon. Rabu 31 Agustus 2022.

Rapat dibuka oleh Kasi Pembangunan Kecamatan Gerokgak (I Ketut Widiada, SP) dan dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Bapak Madong Hartono dimana pada intinya untuk menunjang jalannya pemerintahan desa diharapkan desa agar memperhatikan 2 hal yaitu Perencanaan Pembangunan Desa dan Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Desa. Selain itu disampaikan pula kendala-kendala desa dalam penyusunan RKPDes dimana regulasi kebijakan yang belum jelas, namun desa juga diharapkan memasang/menyiapkan rumah atau pos kegiatan sehingga tahapan pelaksanaan kegiatan bisa lebih optimal dan memudahkan ketika regulasi tidak sesuai dengan perencanaan. 

Adapun prioritas Penggunaan Dana Desa merujuk pada substansi pekerjaan/kegiatan ada di semua bidang bukan hanya ada dibidang 2 dan 4 saja. Khusus untuk pengentasan kemiskinan extime mengacu pada inpres No 4 Tahun 2022 dimana penggunaan dana desanya yaitu 25% untuk BLT DD, 20% Ketahanan Pangan, dan 8% untuk penanggulangan bencana. Terkait dengan prioritas DD yang tetap harus dilaksanakan yaitu Stunting, Posyandu, Posbindu, KPM dan Bumdesa. 

Turut hadir Nyoman Ardini (TA Kab. Buleleng), Kasi Pembangunan bersama staf, Pendamping Desa Kec. Gerokgak, Sekdes Se- Kec. Gerokgak, dan Kaur Perencanaan Se- Kec. Gerokgak.