(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA)

Admin gerokgak | 21 Juli 2020 | 50 kali

Camat Gerokgak menghadiri Acara Pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang berlangsung di Gedung Aula Desa Banyupoh, selasa (21/7).

Camat Gerokgak Made Juartawan,S.STP,MM., dalam sambutannya menyampaikan, dengan diadakan kegiatan pembentukan MPA kedepan bisa meningkatkan daya dukung lingkungan tetap terjaga. Sehingga luas areal kebakaran hutan dan lahan dapat tertangani secara cepat dan tepat.

Kepala KPH Bali Utara Ketut Suastika,MM., yang dalam hal ini mewakili Kadishut Provinsi Bali, menyampaikan Masyarakat Peduli Api yang dikenal dengan singkatan MPA adalah masyarakat yang secara sukarela peduli dan dapat diberdayakan untuk membantu pengendalian kebakaran hutan dan lahan dan diharapkan lebih bersemangat dan menjaga kondisi kesehatan agar dapat melaksanakan tugas-tugas yang diemban yang cukup berat untuk menjaga agar wilayah/lahan yg ada di Kecamatan Gerokgak bebas asap.

 MPA yang mempunyai tugas dan fungsi :

  1. Mencegah terjadinya karhutla
  2. Melakukan pemadaman awal dan mendukung pemadaman yang dilakukan (baik peralatan tangan maupun peralatan mekanis)
  3. Meningkatkan kepedulian masyarakat di desa terkait
  4. Memberikan informasi terkait kejadian karhutla
  5. Menyebarluaskan informasi peringkat bahaya kebakaran hutan dan lahan
  6. Melakukan penyuluhan secara mandiri atau bersama-sama dengan para pihak lainnya

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Balai PPIKHL Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Haryo Pambudi,S.Hut,M.S.C., didampingi Kepala Seksi Karhutla Teguh Pramono,SE, , Kapolsek Gerokgak Kompol Made Widana, Danramil Gerokgak Kapten Inf I Gede Oka, Kasatgas Polhut Bali Utara, Perbekel Banyupoh berserta MPA yang berasal dari Desa Banyupoh dan Pemuteran yang dikoordinir Made Muliana selaku Ketua Inti MPA.