(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Webinar Rapat Koordinasi Pengelolaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu)

Admin gerokgak | 31 Mei 2021 | 396 kali

Webinar Rapat Koordinasi Pengelolaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dengan tema “Aktualisasi Peran Posyandu Mewujudkan Masyarakat Sehat dan Sejahtera” yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa, yang diikuti Sekretaris TP. PKK Kecamatan Gerokgak Ibu Ni Made Ayu Rai Kusuma Dewi,SS., dan Pokja IV, di Ruang Rapat Nithi Sabha Kantor Camat Gerokgak, Senin (31/05/21).

Webinar dibuka oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Bapak Dr. Yusharto Huntoyungo,M.Pd., yang dalam sambutannya menyampaikan Kebijakan Pemerintah dalam Pembinaan dan Pengembangan Posyandu, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2011 tentang Pengintegrasian Layanan Sosial Dasar di Posyandu, adalah suatu upaya mensinergikan layanan yang dibutuhkan masyarakat meliputi perbaikan kesehatan dan gizi, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga dan kesejahteraan sosial. 

Webinar ini bertujuan meningkatkan pemahaman Stakeholder dan masyarakat tentang keberadaan Posyandu sebagai Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, dan mengetahui kondisi eksisting Posyandu di Daerah, mengetahui Peran Posyandu dalam mendukung Pencegahan Stunting, Pencegahan COVID-19 dan layanan Sosial Dasar lainnya, mengetahui efektivitas Posyandu sebagai Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan  serta mengetahui langkah-langkah tindak lanjut yang efektif mengembangkan Posyandu mewujudkan masyarakat sehat dan sejahtera.

Penyampaian materi oleh para narasumber dari Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak Perempuan dan Pemuda, Dr. Femmy Eka Kartika Putri,M.Psi., dengan penyampaian materi Sinergi Lintas Kementerian / Lembaga Mendukung, Pengembangan Posyandu ( Sebagai Salah Satu Pilar Pengembangan Anak  Usia Dini yang Holistik dan Integratif), 2) Plt. Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga, Dr. Lalu Makripuddin,M.Si., dengan penyampaian materi Posyandu Dalam Percepatan Penurunan Angka Stunting, 3) Direktur Fasilitas Pemanfaatan Dana Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Drs. Luthfy Latief,M.Si., dengan penyampaian materi Kebijakan Prioritas Penggunaan Dana Desa untuk Mendukung Pengelolaan Posyandu, dan 4) Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak, KPPA, Ir. Agustina Erni,M.Sc., dengan penyampaian materi Revitalisasi Posyandu melalui Pengasuhan Berbasis Hak Anak.