(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Musrenbangdes RKPDes 2023 Desa Tinga-Tinga

Admin gerokgak | 09 September 2022 | 57 kali

Musrenbangdes  RKPDes 2023 di Kantor Perbekel Tinga-Tinga.

Musrenbangdes dipandu dan dibuka oleh Sekdes Tinga-Tinga dan dilanjutkan dengan arahan Perbekel Tinga-tinga dimana dalam arahannya ada beberapa hal yang disampaikan yaitu : 

1. Musrenbangdes merupakan salah satu tahapan dalam perencanaan pembangunan desa yang merupakan kegiatan rutin dan wajib dilaksanakan oleh desa. 

2. Kendala yang dihadapi dalam waktu 2 Tahun ini kegiatan Pembangunan di Desa kurang maksimal dikarenakan Covid - 19, harapannya kedepan kegiatan-kegiatan yang belum bisa terealisasi di tahun sebelumnya agar bisa direalisasikan pada tahun 2023 secara bertahap. 

3.  Rencana kegiatan fisik yang akan dikerjakan di Perubahan Tahun 2022 yaitu rabat beton ruas jalan Pura dalem keselatan. 

4. Peningkatan anggaran untuk kegiatan Ketahanan Pangan. 

5. Peningkatan kegiatan penanganan sampah berbasis sumber dan mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai untuk meminimalisir timbulan sampah plastik di Desa Tinga-Tinga. 

6.  Rencana penggunaan DD 2023 khususnya terkait dengan persentase penggunaannya masih menunggu juklat juknis yang terbaru.

- Paparan Kasi Pembangunan : 

Dalam hal ini disampaikan tentang keluaran/sasaran yang dicapai pada musrenbangdes, program prioritas kecamatan dan kabupaten tahun 2023, yang salah satunya adalah program ketahanan pangan agar dicantumkan untuk pengadaan/pembelian bibit cabai, serta rujukan dan acuan yang harus dipedomani.

- Arahan Dari Instansi Nivo (PPL Pertanian Kec. Gerokgak) dengan menyampaikan program-program kegiatan yang sudah dilaksanakan di Desa Tinga-Tinga dan penyampaian program kegiatan di tahun 2023. 

Acara dilanjutkan dengan penyampaian rancangan RKPDes 2023 oleh Ketua Tim Penyusun. Dan dilanjutkan dengan pembahasan serta penyepakatan RKPDes, DU-RKP 2024, dan penyepakatan delegasi desa sebanyak 6 orang, yaitu:

1.  I Komang Adi Wirawan (Perbekel)

2.  Gusti Putu Ngurah Oka Adnya (BPD)

3. Gst Made Suka  (Kelompok Tani)

4. Gede Sukrada  ( Kelian Desa Adat )

5. Made Sutrini  ( Unsur PKK)

6.  Made Dwi Astuti ( Kaur Perencanaan)

Turut Hadir dalam acara ini Kasi Pembangunan, Perbekel beserta staf, PPL Pertanian Kec. Gerokgak, Bhabinkamtibmas, Ketua BPD beserta anggota,  Kader Posyandu, Kader BKB, Kelompok Tani, dan tokoh masyarakat lainnya.