(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Permohonan Peserta Penguatan Program Data Dari Surveilans Stunting Tingkat Kab/Kota

Admin gerokgak | 04 Juli 2023 | 74 kali

Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Buleleng kembali menyelenggarakan Rakor yang membahas tentang permohonan peserta Penguatan Program, Data dan Surveilans Stunting tingkat Kabupaten Buleleng yang dalam hal ini untuk Kecamatan Gerokgak diwakili hadir oleh Fungsional Umum Seksi Pembangunan Kecamatan Gerokgak Nyoman Kader. Selasa, 04 Juli 2023.

Kegiatan yang bertempat di Aula DP2KBP3A ini dibuka oleh Kabid. KB, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga dengan narasumber I dari Satgas Penurunan Stunting perwakilan BKKBN Provinsi Bali yang menyampaikan tujuan rakor ini untuk mengevaluasi data semester I sebagai bahan laporan ke tingkat Pusat. Narasumber II dari Bappeda Kabupaten Buleleng dengan pemaparan peningkatan pemahaman dan pemantauan program Kabupaten Buleleng mengacu pada Perpres No. 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting dan penyampaian anggaran 2023 di masing-masing OPD terkait penurunan stunting. 

Adapun Narasumber III yang berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng menyampaikan terkait tren prevalensi balita stunting dengan harapan pencegahan dilaksanakan dari hulu dan dilaksanakan secara bersama-sama dengan memperhatikan tupoksi, SOP dan jalur yang jelas sehingga diperoleh data yang akurat. 

Tim Pakar menambahkan Rencana Tindak Lanjut dengan himbauan agar selalu melaksanakan sosialisasi, koordinasi sehingga memudahkan pemantauan penurunan stunting, dan diharapkan pula untuk memaksimalkan kegiatan mini lokakarya sebagai tempat untuk penyempurnaan dan kesamaan data baik dari KB maupun dari Puskesmas yang berkedudukan sebagai Narasumber pada setiap kegiatan mini lokakarya.