(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Seremonial Penutupan GenBI Leadership Practice 2021

Admin gerokgak | 17 November 2021 | 108 kali

Asisten Pemerintahan Kesejahteraan Setda Kabupaten Buleleng Bapak Ida Bagus Suadnyana,SH., M.Si., didampingi Camat Gerokgak Bapak Made Juartawan, S.STP, MM.,  dalam Seremonial Penutupan GenBI Leadership Practice 2021 dengan Inspektur Upacara Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Bapak Trisno Nugroho, di Hotel Taman Sari Desa Pemuteran, Rabu (17/11/2021).


Dalam sambutannya Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Bapak Trisno Nugroho, menyampaikan Indonesia sebagai sebuah bangsa yang besar saat ini memiliki kondisi demografi terbaik sejak Indonesia merdeka, berupa proporsi usia produktif dalam rentang periode 2010 hingga 2035 Hal tersebut menjadi bonus demografis apabila pendidikan dapat diselenggarakan dengan baik. Sebaliknya, dapat menjadi bencana demografis jika pendidikan di dunia ini gagal memasuki tuntutan zaman.


Kondisi tersebut membawa perhatian akan keberhasilan penyiapan sumber daya manusia melalui pendidikan yang berkualitas agar menjadi kekuatan bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa. KPwBI Provinsi Bali melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSB) berupaya berperan aktif dalam peningkatan kualitas masa depan sumber daya manusia Indonesia melalui program pemberian beasiswa bagi mahasiswa. 


Saat ini pada tahun 2021, kami menyalurkan beasiswa kepada 225 orang mahasiswa jenjang sarjana (S1) reguler di dua PTN mitra kerjasama yaitu Universitas Udayana dan Universitas Pendidikan Ganesha serta dua PTS yaitu Universitas Pendidikan Nasional dan Universitas Warmadewa. Selain itu, kami juga menyalurkan beasiswa kepada 20 orang siswa di SMK Dwijendra Denpasar.


Selama tiga hari ini kalian telah ditempa untuk mengembangkan potensi kepemimpinan kalian, rasa cinta tanah air dan memperkuat rasa kebersamaan kalian sebagai satu keluarga besar GenBl Provinsi Bali. Pengalaman selama tiga hari ini kami harapkan bisa menjadi bekal untuk kalian berkontribusi secara nyata bagi negeri. Jadikan kegiatan ini sebagai "Sekolah Kepemimpinan bagi kalian untuk belajar menjadi seorang pemimpin, setidaknya bagi diri sendiri.


Pada kesempatan yang baik ini, kami juga melakukan edukasi Cinta, Bangga, Paham Rupiah melalui Penanaman Terumbu Karang bertuliskan "Cinta, Bangga, Paham Rupiah Menjaga Lautan Indonesia".


Edukasi melalui penanaman Terumbu Karang dipilih mengingat Desa Pemuteran terkenal sebagai kawasan dengan konservasi laut untuk proyek terumbu karang artifisial "Biorock" yang terbesar di dunia.


Melalui edukasi Cinta, Bangga, Paham Rupiah, kami berharap masyarakat dapat memperlakukan uang Rupiah dengan baik, salah satunya dengan cara tidak dirobek, diremas, dicoret, distapler, dan dibasahi.


Semoga penanaman terumbu karang di Pemuteran ini dapat meningkatkan kecintaan kepada lingkungan, dan tentu saja kepada Rupiah. Salam Cinta Bangga Paham Rupiah.


Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan bantuan sembako kepada Kelompok Nelayan Cinta Mina Samudra dan Kelompok Nelayan Ketapang Indah.