(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Berita Hoax 23 Mei 2021

Admin gerokgak | 25 Mei 2021 | 134 kali

Berita hoax yang selama ini beredar begitu masif sehingga Pemerintah Kabupaten Buleleng berusaha mengurai dan mengcounter berita hoax tersebut, melalui tim CIRT Kabupaten Buleleng berhasil mengcounter beberapa berita hoax pada tanggal, 23 Mei 2021 terdiri dari : 

 

Hoax

Akun Telegram Mengatasnamakan Bank Sinarmas

Penjelasan :

Telah beredar sebuah akun Telegram yang mengatasnamakan Bank Sinarmas. Akun Telegram tersebut berisi informasi terkait layanan untuk melakukan transaksi mobile banking dengan cara menghubungkan akun mobile banking Sinarmas dengan aplikasi Telegram.

Faktanya,Bank Sinarmas melalui laman Instagram resminya @banksinarmas mengklarifikkasi bahwa akun Telegram yang beredar tersebut adalah palsu dan merupakan modus penipuan yang mengatas namakan Bank Sinarmas. Pihaknya menegaskan, saat ini Bank Sinarmas tidak memiliki akun Telegram dan tidak pernah meminta kode SMS OTP.

 

Hoax

Akun WhatsApp Mengatasnamakan Wakil Bupati Jembrana

Penjelasan :

Beredar akun WhatsApp palsu yang mencatut nama dan menggunakan foto pro?l Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana krisna. Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna mengimbau masyarakat agar waspada dan tak mudah percaya kabar yang belum valid kebenarannya. Seperti salah satunya akun Whatsapp yang menggunakan foto pro?l Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna. Selain itu, Wakil Bupati Jembrana juga meminta masyarakat untuk bijak dalam bermedia sosial dan waspada terhadap peretasan ataupun pemalsuan identitas untuk modus penipuan.