(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Pembinaan Subak dan Subak Abian Tingkat Kecamatan Gerokgak Tahun 2023

Admin gerokgak | 27 Juli 2023 | 93 kali

Kamis, 27 Juli 2023, bertempat di Aula Desa Gerokgak, Seksi Sosial dan Budaya Kecamatan Gerokgak melaksanakan Pembinaan Subak dan Subak Abian Tingkat Kecamatan Gerokgak Tahun 2023.

Kegiatan pembinaan dilaksanakan dalam rangka tertib administrasi Subak dan Subak Abian di Kecamatan Gerokgak.

Kegiatan dibuka oleh I Made Suardana,S.Pd selaku Kepala Seksi Sosial dan Budaya Kecamatan Gerokgak dengan apresiasi atas antusias Desa Binaan dalam mengikuti pembinaan. Dilanjutkan dengan penyampaian secara umum oleh Ni Luh Manik,S.Sos tentang buku administrasi yang harus dibuat oleh Subak Sawah Gerokgak dan Subak Abian Taman Sari Gerokgak.

Adapun administrasi dimaksud antara lain :

1. Awig-awig

2. Ekalikita

3. Purana

4. Program kerja

5. Agenda surat masuk/keluar

6. Inventaris

7. Buku kas

8. Buku kegiatan

9. Buku Tamu, dan lain-lain

Secara umum kegiatan persubakan di Desa Gerokgak sangat aktif melaksanakan kegiatan dan mengacu pada awig2 yang sudah ditetapkan, namun kekurangannya adalah kegiatan tersebut tidak tercatat dalam administrasi dan dokumentasi kegiatan.

Diharapkan kedepan agar Kelian Subak dan Subak Abian bersinergi dengan Pemerintah Desa Gerokgak menindaklanjuti hasil pembinaan hari ini guna tertib administrasi subak serta mekanisme penganggaran dan pertanggungjawaban anggaran dapat berjalan sesuai peraturan.

I Nyoman Wijaya selaku Perbekel Gerokgak mengharapkan agar pembinaan ini dilaksanakan berkelanjutan sehingga apa yg menjadi harapan pemerintah dapat dilaksanakan dengan maksimal khususnya dalam kegiatan Subak di Desa Gerokgak.

Turut hadir Kasi Sosial dan Budaya Kecamatan Gerokgak dan staf, Perbekel Gerokgak,Kelian Subak dan Subak Abian Gerokgak serta prajuru.