(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Berita Hoax 13 Mei 2021

Admin gerokgak | 18 Mei 2021 | 174 kali

Berita hoax yang selama ini beredar begitu masif sehingga Pemerintah Kabupaten Buleleng berusaha mengurai dan mengcounter berita hoax tersebut, melalui tim CIRT Kabupaten Buleleng berhasil mengcounter beberapa berita hoax pada tanggal, 13 Mei 2021 terdiri dari :

 

Hoax 

Akun Instagram Bupati Tulang Bawang Barat

Penjelasan :

Beredar sebuah akun Instagram @umar_tubaba yang mengaku sebagai akun milik Bupati Tulang Bawang Barat, Umar Ahmad. Setelah ditelusuri, akun tersebut diketahui bukan akun milik Bupati Umar Ahmad. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tulang Bawang Barat melalui akun Instagram @kominfo.tubaba memastikan akun tersebut adalah akun palsu. Disebutkan pula bahwa segala postingan dari akun tersebut tidak bersumber dari Bupati Umar Ahmad, S.P. maupun tim media sosial beliau. Adapun akun resmi Bupati Umar di Instagram menggunakan nama @kita.bersua.

 

Hoax 

Surat Permintaan Data Pegawai Pensiunan Program Wirausaha Pintar TA. 2020/2021 Mengatasnamakan PT. Taspen (Persero)

Penjelasan :

Telah beredar sebuah surat yang berisi terkait permintaan data pegawai pensiunan Program Wirausaha Pintar tahun anggaran 2020/2021 mengatasnamakan PT. Taspen (Persero). Dalam surat itu disebutkan, permintaan data tersebut sebagai persyaratan penyaluran bantuan dan penggunaan anggaran Program Wirausaha Pintar yang akan dijadikan bahan evaluasi di PT. Taspen (Persero) dan Kementerian Koperasi dan UKM.

Faktanya, PT. Taspen (Persero) melalui laman Twitternya @taspen mengklarifikasi bahwa surat yang berisi permintaan data pegawai pensiunan Program Wirausaha Pintar tahun anggaran 2020/2021 tersebut adalah palsu atau hoaks. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mengkonfirmasi ke kontak center PT. Taspen apabila menemukan informasi yang mencurigakan.