(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Pembinaan UKS Tingkat Kabupaten Buleleng

Admin gerokgak | 29 Mei 2024 | 68 kali

Tim Pembina Kecamatan Gerokgak mendampingi Tim Pembina Kabupaten Buleleng dalam rangka Pembinaan UKS Tingkat Kabupaten Buleleng yang terselenggara di TK Swadarma, Desa Banyupoh pada Rabu, 29 Mei 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan dan penguatan program TRIAS UKS serta pola PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Adapun TRIAS UKS yang dimaksud meliputi :

- Pendidikan Kesehatan

- Pelayanan Kesehatan,dan

- Pembinaan Lingkungan Kehidupan Sekolah Sehat

Pada kesempatan tersebut I Made Suardana, selaku Tim Pembina UKS Kecamatan Gerokgak, menyampaikan apresiasi atas kehadiran Tim Pembina UKS Kabupaten Buleleng dan semua peserta pembinaan serta ucapan selamat datang kepada TP UKS Kabupaten Buleleng.  Selanjutnya penyampaian materi dari TP UKS Kabupaten Buleleng yang dalam hal ini diwakilli oleh Nyoman Neli tentang kriteria sekolah sehat sebagai berikut.

- Prasarana/Aula dalam 5 tahun kedepan diusahakan untuk di geser menghadap ke utara.

- Hijauan toga (tanaman obat keluarga) dan tos (tanaman obat sekolah) lebih ditingkatkan dengan tanaman obat yang variatif

- KM/WC masih harus dirawat agar tidak ada genangan air, dan didepan pintu diisi keset.

- Hindari vandalisme (corat-coret tembok).

Sharing input dari TP UKS/M Kabupaten Buleleng, meminta tanggapan langsung dari Kepala TK Swadarma terkait grand design tujuan pendidikan dan sekolah sehat. Respon Kepala TK Swadarma atas temuan/evaluasi TP UKS/M Kabupaten Buleleng :

- Masalah Aula tertunda karena terbentur dengan Covid-19.

- Bak sampah, ruang UKS, toga dan tos sudah diadakan memang belum variatif, administrasi sudah memadai.

Kemudian sharing informasi dari Perbekel Banyupoh, titik fokus pada alokasi APBDesa untuk Kegiatan Pendampingan Usaha Sekolah Sehat pada TK Swadarma :

- Pemdes belum mampu memberikan kesejahteraan yang memadai.

- Terkait aula semoga bisa diusahakan dari Diknas karena APBDes belum bisa untuk menangani masalah aula tersebut.

- Pemdes akan menambahkan tenaga guru di TK Swadarma.

Hadir dalam kegiatan tersebut :

Perbekel dan Perangkat Desa Banyupoh, Kepala dan Dewan Guru TK Swadarma, Tim Pembina UKS/M Kabupaten Buleleng, Tim Pembina UKS/M Kecamatan Gerokgak, Komite TK Swadarma.