(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Sosialisasi PMT lokal Untuk Balita dan Ibu Hamil Yang Mengalami KEK (Kekurangan Ekstrim Kronis)

Admin gerokgak | 24 April 2024 | 157 kali

Rabu, 24 April 2024 telah dilaksanakan Sosialisasi PMT lokal untuk balita dan ibu hamil yang mengalami KEK (Kekurangan Ekstrim Kronis) oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng untuk kader desa di kecamatan gerokgak yang bertempat di Aula Kantor Desa Gerokgak.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Seksi Sosial Budaya Kecamatan Gerokgak I Made Suardana yang menyampaikan ucapan selamat datang kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng dan para peserta,  diharapan agar para peserta mengikuti dengan cermat sehingga nantinya dapat di tindak lanjuti di masing-masing desa.

Selanjutnya Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng menyampaikan paparan terkait latar belakang, dasar tujuan serta sasaran program PMT lokal dan ibu hamil KEK (Kekurangan Ekstrim Kronis) ini, yang mana program yang akan disasar oleh Dinkes adalah sejumlah 30 balita, sedangkan dari Puskesmas Gerokgak 1 adalah 19 balita dan 34 ibu hamil dan dari Puskesmas Gerokgak 2 adalah 18 balita dan 28 ibu hamil.

Pemberian PMT adalah 56 hari untuk balita dan 120 hari untuk balita yang di mulai dari tanggal 21 Juli 2024.

Jenis makanan yang disediakan adalah makanan yang sudah di rebus, dikukus atau di goreng. Adapun jumlah dana yang diberikan adalah 16.500/orang / balita x 56 hari dengan rincian 80% untuk bahan makanan, 15% untuk biaya antar atau distribusi dan 5% untuk biaya administrasi, sedangkan untuk ibu hamil jumlah dananya sejumlah 21.500/hari x 120 hari dengan prosentase yang sama.

Untuk itu masing-masing desa diwajibkan agar membentuk kelompok masyarakat (Pokmas). Setelah diskusi dilaksanakan, maka kesimpulan sosialisasi PMT ini adalah bahwa desa bersedia menerima dan melaksanakan program di maksud dan segera akan membentuk pokmas.