(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Kunjungan Kementerian Pertahanan RI ke PT. Sea Six Energi Indonesia

Admin gerokgak | 14 Juni 2023 | 87 kali

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia melaksanakan kunjungan kerja ke PT. Sea Six Energi Indonesia yang berlokasi di Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng pada hari Rabu (14/06/2023). Dalam kegiatan tersebut, Asisten Menhan RI Bidang Ketahanan Pangan Letjen TNI (Purn) Ida Bagus Purwalaksana hadir langsung mewakili Menhan RI. Kunjungan itu juga turut dihadiri Deputi Sumber Daya Maritim Kemenko Marves dan Staf Asisten Menhan Bidang Ketahanan Pangan serta hadir pula untuk mendampingi Camat Gerokgak Ketut Aryawan, Perwakilan dari Gubernur Bali, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Buleleng, Coufounder dan CTO PT. Sea Six Energi Indonesia serta seluruh undangan lainnya yang terkait.

Kunjungan Kementerian Pertahanan RI khususnya Bidang Ketahanan Pangan adalah untuk meninjau Budidaya dan Pengolahan Rumput Laut yang dilakukan PT. Sea Six Energi Indonesia. Asisten Menhan RI beserta rombongan langsung melihat ke lokasi Budidaya Rumput Laut, berkeliling Seacombe, melihat proses panen dan setting rumput laut dengan menggunakan mesin khusus (demo teknologi).

Dalam kesempatan tersebut disampaikan dari pihak PT. Sea Six Energi Indonesia bahwa teknologi dari Ocean Park dapat memperbaiki rumput laut. Dijelaskan bahwa produk yang dihasilkan upstrem dan downstream, selain itu juga ada teknologi untuk jangkar, mesin, alat khusus untuk air laut untuk mengetahui sampel air laut. Produk Sea Six Food and Feed, Granules, Straw, Biocrude adalah 100% organik (rumput laut). Keunggulan dari PT. Sea Six adalah mengolah rumput laut sendiri tanpa bahan kimia.

Selain itu, dijelaskan juga mekanisme penanaman sampai panen kurang lebih 40 hari dengan luas lahan sekitar 3 hektar. Produk dari rumput laut, selain untuk pangan juga bisa diolah untuk dijadikan pupuk organik cair dan juga untuk kosmetik yang nantinya dapat di ekspor ke Negara India. Dalam kesempatan itu juga dijelaskan mengenai pembuatan teknologi sensor untuk mengerti apa yang terjadi di laut.

Dengan dilaksanakan kunjungan kerja tersebut, diharapkan Pemerintah Pusat dapat mensupport Kabupaten Buleleng dalam program perikanan dan kelautan yang akan dapat memperkuat ketahanan energi dan ketahanan pangan kedepannya. Dengan memperkuat pondasi didalam negeri kita akan bisa tanpa bergantung dengan negara luar terutama untuk ketahanan pangan dan potensi energi nantinya.

Sebagai penutup, rencana PT. Sea Six Energi Indonesia nantinya setelah mendapat hasil budidaya rumput laut yang banyak, akan mengembangkan lokasi potensial yang ada di Indonesia yaitu di Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan untuk proses pengolahannya, dan untuk membuat produk final kemungkinan akan dikembangkan di Jawa Tengah. Dengan adanya pengembangan lokasi potensial ini, diharapkan mampu menyerap tenaga kerja dan ekonomi disetiap daerah dapat meningkat.