(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Zoom Meeting Forum Belajar DESTANA

Admin gerokgak | 31 Mei 2023 | 53 kali

Rabu, 31 Mei 2023, Fungsional Umum Seksi Pemerintahan Kecamatan Gerokgak I Wayan Widiana mengikuti zoom meeting Forum Belajar DESTANA – Seri 3 dengan tema “Penggunaan Dana Desa Dalam Upaya Pengurangan Resiko Bencana Desa yang Holistik”. Dengan moderator dari BPBD Provinsi NTT (Peter Ahab) dan Narasumber dari Kadis PMD NTT (Viktor Manek).

Desa/Kelurahan Tangguh Bencana adalah sebuah desa atau kelurahan yang telah diberikan pelatihan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk memiliki kemampuan mengenali ancaman di wilayahnya sehingga mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana. Desa Tangguh Bencana (Destana) adalah desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana, serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan. Masyarakat mempunyai kemampuan melakukan penanganan, dari tanggap darurat hingga pemulihan. 

Kegiatan Destana ini merupakan kerjasama antara PMD NTT dan BPBD Prov NTT, dengan dasar regulasi Permendes 8 Tahun 2022 tentang  tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2023 dan Permendes 71 Tahun 2021 tentang Panduan Penanganan Bencana di Desa.