(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Sosialisasi Program DOISP Phase II Partisipasi Masyarakat Tingkat Kecamatan/Desa

Admin gerokgak | 25 Juli 2022 | 80 kali

Senin 25 Juli 2022, bertempat di Ruang Rapat Niti Sabha Kantor Camat Gerokgak dilaksanakan rapat Sosialisasi Program DOISP Phase II Partisipasi Masyarakat Tingkat Kecamatan/Desa dalam Pemeliharaan Bendungan Gerokgak Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali yang pada kesempatan tersebut hadir langsung Kepala Balai Wilayah Sungai Bali-Penida Prov. Bali yang diwakili oleh Kasi Operasi & Pemeliharaan SDA Bali - Penida I Ketut Alit Sudiastika, ST, M. Si., yang didampingi Camat Gerokgak Ketut Aryawan, S. STP, MM. 

Pada hal ini Kepala Balai Wilayah Sungai Bali-Penida Prov. Bali I Ketut Alit Sudiastika, ST, M. Si., menyampaikan bahwa sebagaimana kita ketahui bersama di tengah situasi pandemi COVID-19 kita harus dapat beradaptasi dalam melaksanakan kewajiban pekerjaan terutama dalam mengatasi kerusakan yang terjadi pada waduk, sehingga dirasa perlu perhatian semua pihak untuk mencegah timbulnya permasalahan akibat kondisi fisik yang menurun, dan tingginya tingkat sedimentasi. Adapun tujuan kegiatan DOISP II-CP ini yakni untuk melakukan peningkatan kinerja operasional dan keamanan waduk serta pemahaman masyarakat mengenai waduk yang berbasis peran serta masyarakat.

Kegiatan ini juga berupa diskusi reflektif yang dilakukan dalam kelompok-kelompok diskusi kecil yang akan didampingi oleh fasilitator. Melalui diskusi ini peserta diharapkan mampu melihat kepedulian terhadap waduk bukan lagi sebagai beban, namun merupakan kebutuhan. 

Camat Gerokgak Ketut Aryawan, S. STP, MM., juga menambahkan untuk masyarakat wilayah di sekitar bendungan, pengelola Bendungan, serta kelompok masyarakat diharapkan memelihara kawasan bendungan gerokgak dengan sebaik-baiknya, terutama tanaman atau pohon penyangga sumber air di daerah bendungan tersebut, apabila ada pembalakan liar agar segera dilaporkan. Peserta rapat agar mencermati program-program dari BWS supaya bisa tersalurkan dan disosialisasikan kembali ke masyarakat di wilayah bendungan gerokgak. Diharapkan pula ada tambahan bibit tanaman untuk bisa dikembangkan di bendungan gerokgak.  

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dari fasilitator dimana disampaikan Sosialisasi tentang program DOISP II CP, Optimalisasi Pokmas/FKPW/FKDTA/ Bendungan Gerokgak, Pembahasan Program Rencana Strategis FKDTA dan FKPW.

Turut hadir Perwakilan Bappeda Kabupaten Buleleng, Perwakilan Dinas PUTR Kabupaten Buleleng, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, Camat Gerokgak, Perbekel Gerokgak,  Kelian Desa Adat Gerokgak, BPD Gerokgak, LPM, Bumdes, Babinsa Gerokgak, Kelompok Masyarakat, Balai Wilayah Sungai Bali-Penida bersama tim, Koordinator Bendungan Gerokgak, Fasilitator DOISP II Bendungan Gerokgak, serta undangan lainnya.