(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Webinar Pengelolaan Aplikasi Prodeskel

Admin gerokgak | 18 Februari 2022 | 184 kali

Webinar pengelolaan aplikasi Prodeskel dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Kemendagri, yang dalam hal ini diikuti oleh Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Gerokgak Bapak I Ketut Widiada,SP., bersama Staf, jumat (18/22/2022).


Kegiatan dibuka oleh Moderator dan dilanjutkan dengan arahan dari Direktur Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa dimana dijelaskan bahwa profil desa dan kelurahan merupakan gambaran menyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan yang meliputi Data Dasar Keluarga (DDK), Potensi Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, Kelembagaan dan Sarana Prasarana serta Perkembangan Kemajuan dan Permasalahan yang dihadapi desa dan kelurahan. 


Adapun Visi dari Aplikasi Prodeskel yaitu tersusunnya pusat data desa dan kelurahan di Indonesia yang terintegrasi dan berkelanjutan. Hasil yang diharapkan dari Aplikasi Profil Desa dan Kelurahan adalah menjadi pusat data desa dan kelurahan, validitas data, bermanfaat untuk semua, dan penguatan struktur organisasi. Permasalahan yang biasa dihadapi yaitu belum seluruh Pemda menganggarkan dana bagi kegiatan profil desa dan kelurahan, sering terjadinya mutasi pegawai yang bertanggungjawab dalam pengelolaan prodeskel, minimnya Sumber Daya Manusia yang memiliki kapabilitas yang memadai, keterbatasan jaringan internet yang ada di tiap daerah, pelaksanaan bimtek yang belum terstandarisasi, dan kualitas data yang terkumpul masih belum sesuai dengan yang diharapkan.