(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Rapat Rutin PKK Kecamatan Gerokgak

Admin gerokgak | 18 April 2023 | 123 kali

Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kecamatan Gerokgak hari ini menyelenggarakan rapat rutin dengan agenda sosialisasi terkait IVA Test dengan narasumber dari Kepala Puskesmas Gerokgak 1 yang bertempat di Ruang Rapat Niti Sabha Kantor Camat Gerokgak pada selasa, 18 April 2023.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua TP.PKK Kecamatan Gerokgak Ny. Sri Windari Aryawan dengan penyampaian mengenai administrasi dari masing-masing pokja agar dilengkapi sehingga pada saat mengikuti lomba desa bisa terisi dengan maksimal, untuk Desa Pemuteran administrasi masing-masing pokjanya agar segera dimaksimalkan sebelum penilaian akhir dari Tim Penilai Lomba Desa Kabupaten Buleleng. Kemudian dilanjutkan dengan materi sosialisasi deteksi dini kanker mulut rahim dapat dilihat melalui Pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat (IVA). IVA merupakan pemeriksaan sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat.  Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan screaning alternative dari pap smear namun lebih praktis dan sangat mudah untuk dilaksanakan.

Pemeriksaan IVA terus disosialisasikan agar masyarakat mengerti dan ikut memeriksakan diri. Karena dengan pemeriksaan lebih awal akan memberikan penanganan yang lebih awal, jika penderita baru mengetahui saat sudah dalam stadium yang berat maka pengobatan akan lebih berat.  Semua wanita yang sudah melakukan hubungan seks dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan IVA. Setelah melakukan pemeriksaan IVA, jika hasil positif maka akan dilakukan pemeriksaan lanjutan, yakni pemeriksaan pap smear yang dapat memberikan hasil lebih spesifik.

Sosialisasi ini diikuti langsung oleh Ketua TP.PKK Desa se-Kecamatan Gerokgak beserta Anggota, dan Anggota TP.PKK Kecamatan Gerokgak.