(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Zoom Meeting Bimbingan Teknis Kader Pembangunan Manusia (KPM)

Admin gerokgak | 10 Juli 2024 | 22 kali

Pada hari ini, Rabu, 10 Juli 2024 Kasi Pembangunan Kecamatan Gerokgak Made Pasek Widiana, S.Si, beserta staf mengikuti rapat Zoom meeting Bimbingan Teknis Kader Pembangunan Manusia (KPM). Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk memfasilitasi kinerja dan pelaporan konvergensi penurunan stunting di desa. 


Desa memiliki peran utama dalam program penurunan stunting, di mana Dana Desa juga harus terfokus pada program penurunan stunting. Target penurunan stunting di desa adalah terselenggaranya intervensi spesifik dan sensitif. 

Intervensi Spesifik:

1. Pemberian tambahan asupan gizi kepada ibu hamil dengan kekurangan energi kronik (KEK).

2. Pemantauan ibu hamil mengonsumsi tablet tambah darah (Tatad) minimal 90 tablet selama masa kehamilan.


Intervensi Sensitif:

1. Pemantauan layanan keluarga berencana pasca persalinan.

2. Upaya pencegahan perkawinan anak dan kehamilan yang tidak diinginkan.

3. Kampanye layanan dan pemeriksaan kesehatan pranikah, dan lain-lain.


Kegiatan penurunan stunting di desa dilaksanakan melalui pemberian 7 paket layanan penurunan stunting kepada sasaran, yaitu: remaja, calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, dan anak usia 0-59 bulan.


Dalam kesempatan ini, Bapak Gd Aryana selaku narasumber meminta agar KPM Desa dapat melaporkan konvergensi stunting melalui aplikasi E-HDW. Tata cara penginputan data pada aplikasi E-HDW telah diterangkan, dan admin E-HDW kecamatan diminta untuk memonitoring laporan desa pada aplikasi tersebut. Jika ada desa yang belum melakukan penginputan, admin E-HDW kecamatan diharapkan untuk menginformasikan ke desa yang bersangkutan.


Kegiatan ini turut dihadiri oleh KPM Desa se-Kabupaten Buleleng.