(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Kasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Gerokgak Hadiri Sidang Tim Pengendalian Mutu Pembahasan Kajian Kepuasan Masyarakat Kabupaten Buleleng

Admin gerokgak | 16 Oktober 2025 | 106 kali

Buleleng, Kamis (16 Januari 2025) — Kasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Gerokgak, Ni Made Ayu Rai Kusuma Dewi, S.S., menghadiri acara Sidang Tim Pengendalian Mutu dengan agenda pembahasan penyusunan kajian kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Buleleng. Kegiatan ini berlangsung di Ruang BRIDA Kabupaten Buleleng.

Acara dibuka oleh Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kabupaten Buleleng. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa pertemuan ini bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat sebagai bagian dari pelaksanaan program 100 hari kerja Bupati Buleleng. Melalui forum ini, masyarakat diharapkan dapat memberikan masukan terhadap sepuluh aspek utama yang menjadi indikator penilaian kinerja pemerintahan.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Rektor Universitas Panji Sakti yang membawakan paparan terkait Kinerja Pemerintahan berdasarkan Permenpan RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat. Dalam materi tersebut dijelaskan bahwa survei mencakup sepuluh aspek penilaian, yaitu kesehatan, pendidikan, ekonomi, fasilitas publik, kepemimpinan sosial, permasalahan daerah, prioritas pembangunan, media sosial, hukum, serta sosial, adat, dan budaya.

Pelaksanaan survei dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada masyarakat untuk menilai dan memberikan masukan terhadap kualitas pelayanan di berbagai bidang tersebut. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, di mana peserta menyampaikan aspirasi, saran, dan masukan yang akan menjadi bahan kajian dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Buleleng.

Melalui kegiatan ini, diharapkan hasil kajian kepuasan masyarakat dapat menjadi dasar bagi Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam menyusun strategi peningkatan kinerja dan pelayanan publik yang lebih optimal di masa mendatang.