(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Fasilitasi Pengelolaan BUMDes

Admin gerokgak | 06 Januari 2022 | 78 kali

Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Gerokgak I Ketut Widiada,S.P., menghadiri fasilitasi pengelolaan BUMDes Shanti Karya Jaya Desa Penyabangan, di Kantor Perbekel Penyabangan, kamis (6/1/2022).


Fasilitasi dipandu oleh Perbekel Penyabangan Nyoman Sudiarta dan dihadiri oleh Ketua BUMDes, Ketua Badan Pengawas, Sekdes dan Tim Pembina dari DPMD Kabupaten Buleleng.


Pemerintah Desa dan Badan Pengawas sudah berusaha mengambil langkah-langkah penyelamatan melalui pembentukan Tim Pencari Fakta. Dari data yang didapat oleh Tim, terdapat  temuan antara lain bahwa :

1. Terdapat kredit macet sebesar 600 juta lebih.

2. Dari kredit tersebut, sebagian besar ada di nasabah, dan sebagian lagi ada di Pengurus. 

3. Ada kredit yang sudah dilunasi oleh nasabah tetapi belum masuk ke pembukuan 

4. Jumlah nama nasabah yang namanya dipakai oleh Pengurus, datanya belum sinkron antara pengakuan Pengurus dengan pengakuan nasabah.


Dalam arahannya Tim Pembina dari DPMD Kabupaten Buleleng menyampaikan langkah-langkah yang akan ditempuh meliputi, Pemdes dan Pengurus agar segera melakukan validasi dan sinkronisasi data, dari data yang sudah tervalidasi, akan dimusyawarahkan untuk menentukan langkah selanjutnya dan data yang sudah tervalidasi agar sudah selesai pada hari selasa, 11 Januari 2022.