(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Deklarasi Open Defecation Free Desa Tukadsumaga

Admin gerokgak | 27 Mei 2021 | 177 kali

Deklarasi Open Defecation Free (ODF), Desa se-Kecamatan Gerokgak sudah mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF) termasuk Desa Tukadsumaga pada hari ini kamis, 27 Mei 2021, di  Balai Kantor Desa Tukadsumaga. Diluar dugaan berdasarkan penilaian dari Tim Kecamatan Gerokgak merupakan yang pertama kali mampu mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF) di Kabupaten Buleleng.


Pada sambutannya Camat Gerokgak Bapak Made Juartawan, S.STP, MM., menyampaikan rasa terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, Puskesmas Gerokgak I dan Puskesmas Gerokgak II atas semua Desa di Kecamatan Gerokgak sudah mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF), sebagai kawasan tidak buang air besar (BAB) sembarangan. Bukan hanya mengejar untuk mendeklarasikan diri sebagai Desa Open Defecation Free (ODF) tetapi bagaimana kenyataan dilapangan bahwa masyarakat sudah sadar terkait bahaya buang air besar (BAB) tidak pada tempatnya. Setelah deklarasi ini ada tingkatan lagi yakni Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), jika nanti kita di semua desa di Kecamatan Gerokgak sudah bisa menerapkan STBM makan kita akan menjadi Kecamatan Sehat.

 

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Buleleng, Puskesmas Gerokgak I dan II, Perbekel se-Kecamatan Gerokgak, serta Perangkat Desa Tukadsumaga.