(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Peluncuran Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 4 Tahun 2022

Admin gerokgak | 04 Januari 2022 | 213 kali

Camat Gerokgak Bapak Made Juartawan, S.STP, MM., mengikuti acara Peluncuran Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Tata Titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai – Nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru, yang berlangsung di Wantilan Pura Samuan Tiga, Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, dan secara vitual (daring), selasa (4/1/2022).


Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali Bapak Drs.Dewa Made Indra, M.Si, dan dilanjutkan pemaparan urat Edaran Gubernur Bali Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Tata Titi Kehidupan Masyarakat Bali Berdasarkan Nilai – Nilai Kearifan Lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru oleh Gubernur Bali Bapak Dr. Ir. Wayan Koster, MM. Tujuan dari dari peluncuran Surat Edaran Gubernur Bali Nomor : 4 Tahun 2022 ini adalah sebagai berikut :


  1. Melestarikan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi, yang merupakan warisan adiluhung dari Leluhur/Tetua Bali dalam menjaga keseimbangan dan keharmonisan Alam, Manusia/Krama, dan Kebudayaan Bali secara niskala sekala, yang orisinil, genuine Bali.

  2. Menjadikan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi untuk mengembangkan Manusia/Krama Bali yang berkarakter, berjati diri, berkualitas, berdaya saing, dan bertanggungjawab guna menghadapi permasalahan dan tantangan dinamika perkembangan zaman dalam skala lokal, nasional dan global.

  3. Menjadikan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi sebagai dasar untuk mengembangkan tata-titi kehidupan masyarakat Bali dalam Bali Era Baru guna mewujudkan kehidupan masyarakat Bali tata-titi tentram kerta rahaja. 

Surat edaran tersebut, mulai berlaku sejak hari selasa (Anggara Kliwon, Tambir), 4 Januari 2022.