(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Awal Pembinaan & Peningkatan Anggota Linmas Desa Tahun 2019

Admin gerokgak | 27 Juni 2019 | 884 kali

Sat. Pol. PP Kecamatan Gerokgak mengadakan kegiatan awal pembinaan dan peningkatan anggota Linmas Desa tahun 2019 di Desa Tukadsumaga, Rabu (26/6). Dalam pembinaan dan peningkatan anggota Linmas Desa tahun 2019  hadir Perbekel Tukadsumaga yang diwakili oleh Sekdes (Made Kutara) beserta perangkat desa terkait serta anggota Linmas, jajaran Muspika kawasan laut Celukanbawang (AIPT.Dewa Made Suparta) selaku Bamin Binmas beserta (AIPT. I Ketut Mustika) selaku Babinkamtibmas.

Sekdes Tukadsumaga mengatakan jika salah satu fungsi Linmas adalah penggerak pengamanan di tengah-tengah masyarakat dan diharapkan anggota Linmas khususnya di Desa Tukadsumaga bisa meresapi apa yang nanti disampaikan dari pemerintah kecamatan agar bisa diterapkan dan dilaksanakan kepada komponen masyarakat.

Kasi Linmas Trantib dan Sat. Pol. PP Kecamatan Gerokgak yang diwakili anggota patroli (I Gusti Nyoman Surya) dalam paparannya dihadapan Anggota Linmas yang hadir menyampaikan jika Linmas mempunyai tugas penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan.

Ada lima urusan atau bidang tugas yang ditangani Linmas, masing-masing urusan kesiapsiagaan,  kewaspadaan dini, urusan pengamanan, urusan pertolongan pertama pada korban, urusan penyelamatan dan evakuasi serta urusan dapur umum. Selain tugas yang ada bisa juga melaksanakan perlindungan masyarakat berperan juga dalam rangka penanggulangan dan penanganan jika desa tersebut sewaktu waktu terjadi bencana seperti tanah longsor, pohon tumbang dan lain sebagainya agar selalu siap membantu masyarakat.

Polsek kawasan laut Celukanbawang yang diwakili (AIPT.Dewa Made Suparta) sedikit menambahkan dalam arahan yang diberikan pemerintah kecamatan, jika anggota Linmas harus mengerti dengan tugasnya sebagai pelindung masyarakat baik dalam penanganan permasalahan yang timbul. Jikalau tidak bisa dipecahkan secara kekeluargaan bersama aparat desa, agar melapor kepada Babinsa/Babinkamtibmas atau ke pihak Polsek dan Kecamatan agar cepat ditindaklanjuti.

Penambahan dari anggota patroli (IB. Ketut Baruna) mengatakan Semoga dengan adanya pembinaan ini, Linmas Desa jadi semakin semangat dalam menjalankan tugas-tugasnya di masyarakat dan mampu menciptakan keseimbangan dalam menciptakan ketertiban dan keamanan. Selanjutnya Satlinmas diberikan selebaran materi sebagai pedoman untuk dipelajari dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai Linmas.