(0362) 92380
gerokgak@bulelengkab.go.id
Kecamatan Gerokgak

Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2019

Admin gerokgak | 22 April 2019 | 543 kali

BPBD Kabupaten Buleleng dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2019 menyelenggarakan Sosialisasi dan Simulasi Siaga Bencana di Sekolah SMPN1 Gerokgak pada hari Senin (22/4/2019) pukul 09.30 wita. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh siswa, siswi, guru dan tenaga kependidikan SMP N 1 Gerokgak. Adapun tim yang terlibat yaitu:

  1. BPBD  Kab. Buleleng dipimpin langsung oleh Drs Putu Meles Kasubid Pencegahan, Kerjasama dan Pengkajian, didampingi TRC, Staf PK, dan Anggota Pol.PP Kecamatan (Gusti Nyoman Surya)
  2. Kantor Pencarian dan Pertolongan Pos Buleleng yang diwakilkan oleh Bapak Ketut Adi Putra beserta Rescuer
  3. PMI Kab. Buleleng yang dipimpin oleh staf Kerelawanan PMI Buleleng Bapak Kade Sumardika, beserta anggota PMI

Sosialisasi dan simulasi gempa bumi agar seluruh siswa dan guru-guru memahami dan paham bagaimana cara menyelamatkan diri secara mandiri dan mengevakuasi korban bencana.Dalam Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2019 ini diikuti oleh peserta siswa dan siswi sebanyak 500 orang, guru dan tata usaha sebanyak 10 orang. Drs Putu Meles mengatakan sosialisasi dan simulasi diberikan untuk memantapkan mereka ketika terjadi bencana gempa yang tidak dapat diprediksi dikarena dari segi geografi Buleleng memang potensi bencana gempa cukup tinggi, selain itu bencana ini yang dinilai paling berbahaya karena tidak dapat diprediksi kapan akan datang.

Upaya penanganan bencana pada saat ini, mengalami perubahan paradigma maupun tindakan, yaitu dengan menitik beratkan pada partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana. Jadi masyarakat bukan hanya sekedar menjadi korban/objek dari bencana namun juga sebagai pelaku dari penanggulangan bencana. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini siswa siswi dan guru memiliki pengetahuan, kemampuan dan keterampilan dalam menghadapi bencana sehingga mampu menyelamatkan diri sendiri, keluarga, maupun orang-orang disekitarnya.